Mahasiswa KPM IAIN Adakan Lomba FAS

Sejumlah mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar- Raniry mengadakan kegiatan Festival Anak Saleh (FAS) di Kemukiman Utu Buloh, di Kabupaten Pidie,   (23/12).

Acara yang berlangsung di Mesjid Babuttaqwa Buloh itu diikuti oleh dua belas perwakilan desa yang ditempati oleh mahasiswa KPM yang ada dalam Kemukiman Utu Buloh. Diantaranya, Meunasah Seukee, Meunasah Puli, Meunasah Bie, Blangkula, Meunasah Batee, Paya Linteng, Meunasah Alue, Mesjid Utu, Cot Glumpang, Seuriwek, Sekembrok, dan Meunasah Leuebu.

Adapun perlombaan yang diselenggarakan berupa lomba Pidato, Azan, Cerdas-cermat, Praktek salat wajib, Hafalan ayat pendek, dan Mewarnai. Sementara, peserta yang mengikuti lomba diambil dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menurut Ketua Panitia, Ziaurrahman, kegiatan FAS ini terselenggara berkat kerjasama antara mahasiswa KPM dengan masyarakat dalam Kemukiman Utu Buloh. “Inti dari kegiatan ini adalah untuk mendorong semangat keislaman sejak dini pada anak-anak,” katanya.

Oleh karena itu, sambungnya, diharapkan kepada peserta lomba FAS untuk dapat mengikuti perlombaan dengan baik dan sportif. “Bersainglah dengan baik, dan raihlah juaranya,” pesan Zia.

Sementara Mukim Utu Buloh, Zakarya Syamaun, mengatakan menyambut baik penyelenggaraan kegiataan keagamaan seperti ini. “Kami sangat berterimakasih kepada mahasiswa KPM yang telah mengadakan acara seperti ini,” katanya dalam sambutan pada Jumat malam (21/12).

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, seluruh  anak-anak di Kemukiman Utu Buloh dapat meningkatkan lagi pengetahuannya dibidang agama. Sehingga dapat terjauh dari aliran-aliran sesat yang sangat meresahkan masyarakat selama ini,” Terangnya.

Tak hanya itu, Zakarya juga mengajak seluruh elemen masyarakat Utu Buloh untuk turut menyukseskan acara FAS yang diselenggarakan oleh mahasiswa KPM IAIN Ar Raniry. “Untuk itu mari sama-sama kita sukseskan acara ini,” ajaknya kepada masyarakat Utu Buloh.

Sementara itu, pembagian hadiah perlombaan akan dilaksanakan pada malam penutupan yakni Minggu malam. Selain pembagian hadiah, pada malam puncak tersebut juga akan diadakan ceramah islami yang akan disampaikan oleh Tengku Yusri Puteh.[Zia]

Editor: Mina

Mungkin Anda Menyukai