Peringati Hari Ibu, Kohati Adakan Diskusi

Banda Aceh – Memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember, Korps Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) wati, (Kohati) fakultas Dakwah mengadakan Diskusi di Ruang Theater fakultas Dakwah, IAIN  Ar-Raniry Banda Aceh,  Sabtu (22/12/2012) siang kemarin.

Acara yang mengangkat tema “Ibu Ku Inspirasiku” ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dan mahasiswi fakultas tersebut.  Dalam acara memperingati Hari Ibu ke-84 itu turut  menghadirkan ketua Pusat Studi Wanita (PSW) IAIN ar-raniry, Rasyidah untuk memberikan materi kepada para peserta diskusi.

Saat menyampaikan materinya, Rasyidah mengatakan bahwa kesenjangan yang terjadi antara peran laki – laki dan perempuan dalam masyarakat saat ini di sebabkan oleh dua hal. “Pertama, pola berfikir yang ada pada laki–laki yang beranggapan bahwa akan lebih baik bila laki – laki bisa menguasai perempuan,” kata Rasyidah.

Kedua, lanjut Rasyidah, sikap permisifitas yang dimiliki oleh perempuan itu sendiri yang hanya menerima apa yang terjadi. “Sikap yang demikian itu terbentuk dari keluarga dan masyarakat (saat ini), sedangkan islam sendiri tidak pernah mengatakan ada yang nomor satu ataupun nomor dua, yang membedakan kita hanyalah ketakwaan kepada Allah” jelasnya saat memberi materi.

Sementara itu ketua panitia agenda tersebut, Fajarika mengungkapkan acara tersebut digelar untuk mengingat kembali jasa seorang ibu baik untuk keluarga maupun  untuk Negara. “Selain itu, acara ini sekaligus untuk menghidupkan kembali Kohati yang sudah lama fakum,” kata mahasiswa semester tiga jurusan komunikasi Penyiaran Islam tersebut.

Acara ini ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba menulis surat untuk ibu, yang juga di selenggarakan oleh Kohati fakultas dakwah dua minggu sebelumnya. (Wardatul Jannah)

Mungkin Anda Menyukai