Planet Mirip Bumi Terlihat Tahun Depan

 

TEMPO.CO, Jakarta – Planet asing pertama yang benar-benar mirip bumi akan terlihat pada tahun depan. Para astronom telah menemukan sejumlah eksoplanet selama beberapa tahun terakhir yang memiliki satu atau dua ciri-ciri kunci mirip dengan planet kita, seperti ukuran atau suhu permukaan.

“Saya sangat positif bahwa kembaran bumi pertama akan ditemukan tahun depan,” kata Abel Mendez, yang menjalankan Planetary Habitability Laboratory di University of Puerto Rico di Arecibo. Sebelumnya, para astronom menemukan planet ekstrasurya pertama yang mengorbit bintang seperti matahari pada 1995.

Teleskop Kepler Space NASA, misalnya, memiliki lebih dari 2.300 planet potensial sejak 2009. Namun, hanya 100 yang telah dikonfirmasi sampai saat ini. Tetapi, para ilmuwan memperkirakan setidaknya 80 persen saja yang mirip dengan bumi.

Bulan Desember tahun lalu, Kepler menemukan planet yang 2,4 kali lebih besar dari bumi mengorbit di zona bintang layak huni. Tim Kepler dan kelompok penelitian lain telah mendeteksi dunia lain seperti itu (yang dikenal sebagai Kepler 22b), membawa penghitungan eksoplanet yang berpotesi dihuni sebanyak sembilan planet dengan perhitungan Mendez.

Tak satu pun dari planet yang masuk dalam katalog “Eksoplanet Layak Huni” Mendez itu berukuran lebih kecil untuk menjadi kembaran bumi. “Planet pertama dengan ukuran yang sesuai, orbit yang cocok untuk kehidupan kemungkinan akan diumumkan pada 2013,” kata Geoff Marcy, seorang pemburu planet veteran di Universitas California, Barkeley, yang juga anggota tim Kepler.

Sejauh ini NASA telah mengklaim menemukan lima planet mirip bumi. Walaupun begitu, sebagian besar suhunya diperkirakan sangat tinggi.

Sumber : tempo.co

 

 

Mungkin Anda Menyukai