PSM untuk Pelayanan JKA

Lembaga Pengembangan Profesi (LPP)  HMI Cabang Banda Aceh mengadakan seminar profesi pekerja social medis (PSM) di Aula Zainal Abidin Banda Aceh (19/01). Tema yang diangkat adalah “ implementasi nilai-nilai kesejahteraan social dalam pelayanan kesehatan, upaya memantapkan program JKA”.

” permasalahan yang dihadapi pasien tidak hanya berhenti pada masalah medis tapi juga dipicu oleh masalah ekonomi, keluarga dan psikologis.  Di sinilah dibutuhkannya pekerja sosial medis ( PSM) sebagai bagian yang menjangkau hal-hal yang tidak mungkin di jangkau oleh seorang dokter yang menangani beberapa pasien.” Ungkap Fachrul jamal selaku ketua IDI wilayah Aceh.

”salah satu tugas PSM adalah bagaimana mengajak orang dalam pemeliharaan kesehatan . Pekerja sosial sendiri dibedakan menjadi dua ada pekerja sosial biasa dan ada pekerja sosial professional. Perbedaan antara  keduanya adalah jenjang pendidikan, proses  training yang diikuti. Kemudian,  pekerja sosial yang menempuh pendidikan khusus pekerja sosial seperti jurusan PMI kesos di fakultas dakwah IAIN Ar-raniry. Papar  julianto saleh.

Bansari mengaharapkan pelayanan kesehatan yang gratis seperti JKA sendiri  memerlukan sistem yang baik dan sistem ini harus diketahui oleh semua kalangan yang ada di dalamnya terutama pendidikan kepada  pasien.  Jadi  dengan adanya PSM ini dapat membantu pasien dalam memahami sistem yang ada di rumah sakit tersebut. [Wardah]

.

a.

Mungkin Anda Menyukai