Lagi, Aceh Diguncang Gempa 6.0 SR

Banda Aceh – Aceh kembali diguncang gempa dahsyat berkekuatan 6.0 SR yang mengguncang Banda Aceh dan sekitarnya pada pukul 5:22 WIB, Selasa (22/1). Gempa menjelang shalat subuh ini terjadi pada 5.49 LU – 95.21 BT.

Seperti dilansir situs resmi Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika, bmkg.go.id mengatakan bahwa gempa terjadi pada 15 km barat daya kota Banda Aceh, 35 km Barat Laut Aceh Besar,  36 km Barat Daya kota Sabang, dan 9 km Barat Daya Banda Aceh dengan kedalaman 84 km dibawah permukaan laut.

Pantauan sumberpost.com, gempa yang berlangsung beberapa detik tersebut membuat sebagian warga gampong Lhambung, Ulee Lheue panik dan menyalakan kendaraan mereka untuk bersiap-siap pergi menjauh dari laut.

Begitu juga yang terjadi di seputaran wilayah Lingke, warga berhamburan pergi keluar dari rumah dan berlari menjauh dari laut. “Orang pada lari semua,” kata Riska Juanda, salah seorang penduduk Lingke, mahasiswa IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh saat dihubungi via telepon.

Beberapa menit setelah gempa tersebut terjadi, sempat dirasakan kembali gempa susulan 5.1 SR. Meski begitu, gempa dahsyat ini tidak berpotensi tsunami. (rm)

Mungkin Anda Menyukai