Pengamat Antar Budaya IAIN Harap Ada P. Ramlee Award

Banda Aceh – Untuk menghidupkan kembali P. Ramlee melalui karyanya, agaknya di Negara Malaysia diperlukan adanya sebuah penghargaan tentang dunia perfilman dengan mengangkat nama P. Ramlee, seperti P. Ramlee Award.

Hal itu disampaikan oleh A. Rani Usman selaku Pemerhati Antar Budaya sekaligus Dekan Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh saat memberikan materinya dalam Forum Film Internasional dan pemutaran film P. Ramlee di Aula Pasca sarjana IAIN, Rabu (23/1/2013).

Dalam materi tentang budaya yang disampaikan oleh Rani Usman, ia mengatakan seharusnya di Malaysia diadakan penghargaan semacam itu. Tak lama setelah menyampaikan hal itu, ia langsung bertanya kepada pejabat film Negara Malaysia dan radio televise Malaysia, Othman Hafsham.

“Pak Othman apakah ada semacam penghargaan  perfilman untuk mengenang P. Ramlee ?,” kata Rani. Kemudian Othman langsung menjawab bahwa penghargaan P. Ramlee Award sudah ada namun belum ada yang berhak mendapatkannya. “P. Ramlee orang yang sangat luar biasa, beliau artis, penyanyi, pencipta lagu, serta produser,” kata Othman.

Rani mengharapkan penghargaan itu cepat diberikan kepada orang-orang yang berhak mendapatkannnya. “Jika di IAIN, kita sendiri sudah membuat sebuah penghargaan dengan nama Ali Hasymi Award yang diberikan kepada orang-orang yang memperjuangkan pendidikan. “Kita adakan seperti itu agar Ali Hasymi agar selalu bisa kita kenang,” jelas Rani.

P. Ramlee adalah seorang seniman agung Malaysia berdarah Aceh. setiap karya-karyanya diakui oleh dunia luar dan selalu mengangkat budaya melayu yang kini dinilai hampir tinggal nama. (rm)

4 thoughts on “Pengamat Antar Budaya IAIN Harap Ada P. Ramlee Award

  1. kata rani diganti dengan abdul rani.karena beliau bukan adik kita 
     Tertanda Aneukatjeh 

  2. I was suggested this website by my cousin. I
    am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem.
    You’re amazing! Thanks!

  3. Have you ever thought about writing an e-book or guest authoring on
    other websites? I have a blog based on the same topics you discuss and
    would really like to have you share some stories/information.
    I know my viewers would value your work. If you are even remotely interested, feel
    free to send me an email.

Comments are closed.