Dekan Tarbiyah: 2013 Rencanakan Banyak Program

Banyak program yang akan direncanakan dalam tahun 2013 ini. Inilah beberapa ungkapan Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Muhibbuththabary M,Ag  mengenai program Tarbiyah kedepan.

Ada beberapa program yang akan dicanangkan di tahun 2013 ini salah satunya adalah  program kegiatan penguatan kapasitas guru seperti program Sertifikasi Guru (PSG),  Program Penguatan Kapasitas Guru (P2KG), Peningkatan Kompeten  Guru (PKG),  Dual Mode Sistem (DMS) dan Pendidikan Profesi  Guru (PPG).

“Ini merupakan program tahunan yang kami lakukan untuk meningkatkan kapasistas guru yang ada di Aceh karena setiap tahun, kerena guru terus bertambah maka program ini kami lakukan tiap tahunnya” Kata   Muhibbuththabary saat ditemui oleh wartawan Sumberpost.

Seluruh kegiatan tersebut, akan dibiayai oleh pemerintah Aceh. Termasuk program dual mode sistem. Ini adalah kesempatan bagi calon guru di Fakultas Tarbiyah untuk mengembangkan profesi guru yang professional. Setelah ada peningkatan kapasitas guru, tentu akan melahirkan guru-guru yang berkualitas dalam menunjang program pendidikan di Aceh.

“Selain itu, kita juga akan  melaksanakan Lembaga pendidikan Tenaga Kerja (LPTK) yang bertujuan mencetak guru-guru yang berkopetitif dan sesuai dengan kapasitas serta dalam Jurusan bidang masing-masing. Kalau gurunya sudah terampil, maka dari Fakultas Tarbiyah siap untuk terjun ke lapangan untuk mengajar murid-murid, baik di sekolah kota maupun desa terpencil nantinya. Karena, mereka telah kita didik dalam metode pembelajaran yang lebih baik” Tegas Muhibbuththabary.

Diselah itu, Muhibbuththabary. Juga merencanakan program unggul Fakultas Tarbiyah kedepan. Fakultas tersebut akan membuka tiga  jurusan baru yaitu Jurusan Teknologi, PGRA, dan khusus prodi Paud. Semua itu bekerja sama dengan Pemerintah kota Banda Aceh, dan juga pihak Asing dari Lembaga United States Agency for International Development  (USAID) .

Saat ini Jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Tarbiyah yaitu Pendidikan Agama Islam  (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Matematika (PMA), Konseling Islam (KI), Pendidikan Fisika (PFS), Pendidiikan Biologi(PBL), Pendidikan Kimia (PKM), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) maka tahun depan akan bertambahn tiga jurusan lagi di Fakultas Tabiyah.

“Dengan adanya jurusan terbaru, saya mengharapkan juga semangat siswa/I yang masuk ke kampus IAIN akan terus menjadi ajang pelatih dalam mencari bakat. Seperti teknologi, tentu banyak peminatnya. Semoga Fakultas Tarbiyah kedepan terus menjadi Fakultas favorit di IAIN Ar-Raniry, apalagi sebentar lagi kampus kita akan berubah menjadi UIN” Harapnya. [Dofa dan Wahyu].