Teater Rongsokan Unjuk Gigi Di Surabaya

SURABAYA – Teater Rongsokan akan menampilkan naskah Atu Belah Mencari Batu, di Graha Institut Teknologi sepuluh November, Surabaya, pukul 20.00 malam nanti. Pementasan teater kampus IAIN Ar-Raniry ini dalam Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio) VI, 8-14 Februari nanti.

“Kita sedang dalam persiapan menjelang tampil. Semoga teman-teman bisa menampilkan yang terbaik,” kata Kamarullah, ketua Teater Rongsokan melalui pesan pendek yang dikirimkan, pukul 19.00 tadi.

“Kita sudah latihan maksimal, dan setiap pagi para aktor selalu digodok oleh sutradara. Jadi mereka sudah siap,” tambah Kamarullah.

Naskah Atu Atu Belah Mencari Batu merupakan karya Azhadi Akbar, yang ditulis berdasarkan cerita lagenda dari tanah gayo. Alkisah seorang ibu yang masuk dan terperangkap dalam batu. Ia melanggar janjinya kepada suami. Ibu tersebut lalai dalam menjaga belalang hingga lepas dari lumbung. Masa itu paceklik melanda suatu daerah, kemarau panjang dan sulit mencari pangan.

Ketika sang suami pergi berburu, anaknya merengek minta maaf. Ibu tersebut mengambil seekor belalang sebagai makanan. Tidak hati-hati dalam membuka lumbung membuat belalang lepas. Karenanya, si ibu menjadi batu.

“Ada pesan moral disini. Seorang anak harus patuh kepada orang tua, ibu kepada suami, dan seorang ayah harus mengayoumi keluarganya,” ujar Mustafa Kamal, Sutradara Atu Belah Mencari Batu beberapa waktu lalu .[ril/rm]

Mungkin Anda Menyukai