IAIN Ar-Raniry Wisuda 549 Sarjana Dan 60 Magister

Banda Aceh- Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry Banda Aceh melepaskan 1 orang Doktor, 60 Magister dan 568 Sarjana Strata satu (S1) pada rapat senat terbuka IAIN Ar-Raniry semester ganjil tahun akademik 2012/2013, Kamis (28/2) di Auditorium Prof. Ali Hasjmy Banda Aceh.

IMG_8275Rektor IAIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA dalam sambutannya mengatakan, lulusan Ar-Raniry dituntut untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di kampus kedalam kehidupan yang rill dilingkungan Masyarakat.

“alumni IAIN harus terus belajar untuk melibatkan diri dalam bermasyarakat, dengan demikian proses capacity building atau pembinaan (SDM) sumber daya manusia tidak terhenti sampai dibangku kuliah”.

Rektor menambahkan, berbagai tantangan akan dihadapi nantinya, dan hal ini harus dihadapi dengan bijak teruma dalam mendapatkan pekerjaan tetap. Disinilah dituntut para alumni IAIN Ar-Raniry agar tidak bergantung pada lapangan pekerjaan yang disediakan pemerintah, tapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

IAIN Ar-Raniry sendiri terus melakukan pengembangan kearah yang lebih besar dan komprehensif, baik disegi SMD, sikll, pelayanan dan fasilitas untuk mewujudkan “lingkungan akademik”.

Hal yang paling signifikan dan sedang dilakukan adalah proses transformasi dan konversi dari IAIN menjadi UIN (Universitas Islam Negeri) Ar-Raniry, dan saat ini proses itu sudah memasuki tahap finalisasi, kami berharap dukungan dari semua pihak agar upaya ini segera terwujud. Ujar Farid.

Pembantu Rektor I bidang akademik Prof. Drs. Amirul Hadi, MA, Ph.D menyebutkan, pada tahun ini IAIN meluluskan 1 orang Doktor, 60 Magister, 568 Sarjana (S1) dari semua fakultas, yaitu Syariah 120 orang (120 S1 dan 14 lulusan D3 Perbankan Islam), Tarbiyah 296 sarjana, Ushuluddin 28 sarjana, Dakwah 65 sarjana dan Fakultas Adab 60 orang (54 S1 dan 6 orang D3 Perpustakaan).

“Dengan demikian sampai saat ini IAIN Ar-Raniry telah menghasilkan 12 Doktor, 639 Magister, 20.525 Sarjana (S1), 861 Ahli Madya dan 2.377 Ahli Muda (D2)”.

Alumni yang lulus Istimewa pada wisuda tahun ini berjimlah 136 orang, sebanyak delapan orang perwakilan setiap fakultas dengan IPK tertinggi (3,88-3,70) diberikan pengharhaan. Kata Amirul.

Mungkin Anda Menyukai