Ayoo Donor Darah Bersama HMJ SI-Perpustakaan!!!

foto google
foto google
foto google

BANDA ACEH – Himpunan Mahasiswa Jurusan Strata Satu Ilmu Perpustakaan (S1-IP) Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan kegiatan sosial “Donor Darah” pada hari senin, 25 Maret 2013 di Pelataran Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry dengan menyusung tema “Pendonor Sehat, Penerima Selamat”.

Kegiatan sosial ini merupakan kegiatan yang pertama dalam periode 2013/2014 S1-Ilmu Perpustakaan, kegiatan ini terselenggara dikarenakan kepedulian mahasiswa khususnya mahasiswa S1-Ilmu Perpustakaan umumnya seluruh mahasiswa dan civitas akademika Fakultas Adab yang mengetahui seringnya kosong stok darah di transfusi darah Lampineung, Banda Aceh.

Memang darah yang ada di Banda Aceh dikhususkan kepada pasien yang membutuhkan darah  adalah untuk masyarakat yang domisili di Banda Aceh dan Aceh Besar, namun yang terjadi sekarang adalah darah yang ada di Transfusi darah Lampineung, Banda Aceh digunakan kepada seluruh masyarakat Aceh yang setiap saat pasien tersebut sudah kritis dari daerah masing-masing maka dari Rumah Sakit yang bersangkutan merujuknya ke Rumah Sakit Umum  Daerah Zainoel Abidin (RSUD-ZA) Banda Aceh. Jadi dengan tidak melihat latar belatang daerah darah yang ada di PMI Banda Aceh membantu pasien tersebut, bahkan disaat stok tidak ada saudara pasien mengirim pesan singkat (sms) keseluruh rekan-rekannya.

“Mahasiswa di Banda Aceh adalah mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah, jadi sangat positif kegiatan ini dilakukan di kampus-kampus dengan tidak sengaja para mahasiswa yang mendonor darahnya telah membantu masyarakat daerahnya sendiri. Selain darah tersebut dapat menyelamatkan orang lain, untuk pendonor juga banyak manfaat yang diperolehnya salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikoligis, mendeteksi penyakit serius, nah jadi sangat bermanfaat kita mendonor, silahkan anda berhadir pada hari senin, 25 Maret 2013” Rahmat Saputra, ketua HMJ S1-Ilmu Perpustakaan.

Pihak jurusan sangat menyambut baik kegiatan positif “donor darah” yang diselenggarakan HMJ S1-IP sesuai dengan tema “Pendonor Sehat, Penerima Selamat”, untuk menjadikan lulusan yang berkompetensi ke depan, tidak hanya melalui bidang pendidikan tetapi juga bidang pengabdian kepada masyarakat, salah satunya bentuk kepedulian ini. Kata  Nurhayati, M.Lis, Ketua Jurusan S1-Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry.

 

Penulis adalah Rahmat Saputra, ketua HMJ S1-Ilmu Perpustakaan. Hp. 0852 7777 2885

Fb. Rahmat Saputra El-Dewey.