Musik Saat Tidur Tingkatkan Kemampuan Otak

Mendengarkan musik saat tidur ternyata bisa meningkatkan kemampuan memori, demikian diungkapkan sebuah penelitian terbaru. Para ilmuwan menemukan bahwa suara yang disetel disinkronkan dengan osilasi otak lambat dari orang yang tidur mendorong osilasi yang meningkatkan kemampuan memori dan kualitas tidur mereka.

dok goole.com
dok goole.com

Telah lama diketahui bahwa osilasi lambat dalam aktivitas otak yang terjadi pada kejadian yang disebut slow-wave sleep sangat penting untuk mengembalikan kekuatan memori. Namun, baru diketahui jika suara bisa digunakan untuk mendorong osilasi ini.

Menurut penulis artikel hasil riset, Dr. Jan Born, dari University of Tubingen di Jerman, “Yang menarik adalah hanya dengan menyetel audio dalam intensitas yang rendah. Pendekatan ini bisa dilakukan secara praktis maupun etik, jika dibandingkan dengan stimulasi elektrik.” Karena itu, Dr. Born seperti dikutip situs Daily Mail, mengatakan hal ini merupakan alat yang secara langsung digunakan untuk setting klinis dalam mendorong ritme tidur.

Dr Born dan rekan-rekannya melakukan tes terhadap 11 orang dengan mengekspos stimulasi musik pada partisipan. Ketika para partisipan itu mendengarkan musik yang disinkronkan dengan ritme osilasi otak lambat, mereka bisa mengingat kaitan kata yang mereka pelajari pada jam sebelumnya.

“Yang harus dicatat, stimulasi suara hanya efektif jika suara terjadi dalam sinkronisasi dengan ritme osilasi lambat dalam tidur lelap,” kata Dr. Born. “Kami menampilkan stimulus akustik saat osilasi lambat terjadi dan dengan cara ini kita bisa memperkuat osilasi lambat sehingga ia menunjukkan amplitudo yang lebih tinggi dan terjadi dalam periode yang lebih lama.”

Para ilmuwan menduga teknik ini bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur. “Hal ini kemungkinan bisa digunakan untuk mendorong ritme otak lain dengan signifikansi fungsi yang lebih jelas, seperti ritme yang terjadi selama terjaga dan ada kaitannya dengan perhatian,” ujar Dr Born. [tempo.co]