Dekan Unpad : 3 Alasan Penting Pelajari Ilmu Komunikasi

Banda Aceh – Dekan Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Bandung, Deddy Mulyana  berbagi tips kepada seluruh dosen Ilmu Komunikasi yang ada di seluruh Aceh, mengapa komunikasi penting dipelajari, Senin (15/3).

foto : Nat
foto : Nat

Dalam pelatihan yang diadakan oleh fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry di ruang sidang kampus setempat, Deddy Mulyana membeberkan tiga alasan tersebut, yaitu kerena komunikasi itu rumit, pelik dan terikat.

“Seorang dosen ilmu komunikasi harus mampu memahami dengan detail tentang teori dan praktik komunikasi, dalam proses belajar mengajar harus diperbanyak memberikan contoh yang terkait dengan komunikasi, baik non verbal maupun komunikasi budaya” katanya dihadapan 30 dosen yang mengikuti pelatihan.

Pada pelatihan itu, Deddy Mulyana banyak melakukan simulasi kepada peserta, menurutnya dengan melakukan simulasi, peserta dapat melihat dan mengalami secara langsung apa yang harus dilakukan saat mengajarkan mahasiswa nantinya.

“Yang paling penting, seorang pengajar itu memahami betul apa yang harus dan akan diajarkan kepada mahasiswanya, disamping juga harus memperbanyak simulasi dengan contoh perbedaan adat budaya yang ada di seluruh dunia”. Paparnya.

Sementara Dekan Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry, Abdul Rani Usman mengatakan, pelatihan ilmu komunikasi dan rumpunnya digelar bagi dosen ilmu komunikasi di Fakultas-Fakultas yang membuka Jurusan/ konsentrasi Komunikasi.

Yang mengikuti pelatihan tersebut adalah Jurusan Komunikasi Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry, Fisip Unsyiah, STAI Meulaboh, Fisip Cot Kala Langsa, Fisip Gajah Puteh Tankengon, dan UNIDA.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberi motivasi kepada dosen-dosen terutama yang mengajar dikelas Internasional, dan member spirit bagi dosen yang mengajar pada kampus di kabupaten kota”. Pungkas Dekan. [rm/nat]