Ujian Tulis SBMPTN, Santai Aja !

JAKARTA – Besok para calon mahasiswa baru (maba) perguruan tinggi negeri (PTN) ajaran tahun 2013/2014 di seluruh wilayah Indonesia akan melaksanakan ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013.sbmptn

Ada yang menghadapinya dengan panik, belajar mati-matian, bahkan tak jarang banyak pula yang masa bodoh. Namun, apa saja ya yang harus dilakukan calon peserta agar bisa lulus?

Psikolog Veronika Soepomo, M.Si memberi tips dan triknya buat kalian agar bisa lulus ujian. Yang paling penting, belajar dan tidak cemas.

“Tentunya harus belajar. Paling tidak, jangan cemas. Meskipun belajar, tapi cemas bisa mengurangi potensi, dalam artian meskipun secara sehat tapi psikologisnya tidak sehat bisa mengurangi potensi,” ujarnya ketika dihubungi Okezone, Senin (17/6/2013).

Veronika membeberkan, dalam menghadapi ujian, tidak hanya dari segi psikologis saja yang harus dipersiapkan, mental pun juga harus disiapkan.

“Belajar dengan soal yang dulu-dulu, harus punya persiapan mental, karena ketika ujian berlangsung akan ada banyak persaingan. Dalam ujian, ada dua kemungkinan yaitu lulus dan tidak lulus, kalau dia yakin lulus, secara psikologis terpacu juga harus siap dan malah semakin giat. Kemudian secara fisik, yaitu persiapan kesehatan dan mental,” ucapnya.

Dia menjelaskan, ada dua motivasi yang digunakan, yakni motivasi intrinsik yaitu motivasi dari dalam diri sendiri (belajar). Serta motivasi ekstrinsik merupakan motivasi dari orangtua yang mendukung anaknya dan menjadi merasa bangga jika anaknya lulus ujian. [okezone]

Mungkin Anda Menyukai