Radio Israel Siarkan Jadwal Puasa

Ada yang berbeda pada bulan Ramadan kali ini. Sejak Jumat pekan lalu, 12 Juli 2013, radio pemerintah Israel,Kol Yisrael, mulai menyiarkan jadwal puasa. Mulai jam sahur hingga berbuka. Penggagas siaran itu adalah Co-executive Director Abraham Fund Initiatives, Amnon Beeri-Sulitzeanu.

Seperti yang dikutip The Jerusalem Post, Ahad, 14 Juli 2013, Beeri-Sulitzeanu mendapatkan ide itu setelah mendengarkan pengumuman radio di Kamis pagi. “Dikabarkan, ada 1,5 juta warga Arab-Israel yangperlu mengetahui waktu berpuasa,” kata Beeri-Sulitzeanu. “Jadi saya mengirim surat ke manajer Kol Yisrael, Michael Miro.”

Surat Beeri-Sulitzeanu langsung mendapatkan respon positif dari Miro. Menerima tanggapan bagus, Beeri-Sulitzeanu pun memasok jadwal selama bulan Ramadan. Dan siaran yang mengumumkan jam berpuasa itu mulai dilakukan pada Jumat.

Abraham Fund Initiatives merupakan lembaga yang bergerak dalam soal integritas dan kesetaraan masyarakat Arab di Israel. Dengan adanya pengumuman waktu puasa di Kol Yisrael, Beeri-Sulitzeanu melanjutkan, masyarakat Arab merasa bila budaya mereka telah diakui oleh penduduk Israel.

“Pengumuman waktu puasa tidak mesti dilakukan radio Arab saja,” kata Beeri-Sulitzeanu. “Kol Yisrael adalah radio nasional. Kalau radio ini menyiarkan waktu Shabbat, mereka juga harus mengumumkan jadwal puasa Ramadan.” [tempo]

Mungkin Anda Menyukai