Hari Ini, Pustaka PPs Ar-Raniry Telaah Buku Karya Dosen

BANDA ACEH – Menyemarakkan Ramadhan sekaligus menjaga semangat membaca, Perpustakaan Program Pascasarjana (PPs) IAIN Ar-Raniry Banda Aceh  akan mengulas atau menelaah buku karya dosen (Ramadhan Book Review) kampus tersebut pada Sabtu (20/7). Acara yang terbuka untuk umum itu dilanjutkan dengan buka puasa bersama di gedung pustaka.

Kepala Perpustakaan PPs IAIN Ar-Raniry, Nazaruddin Musa kepada Serambi Kamis (18/7) kemarin mengatakan, acara perdana dengan tema “Manjadikan Membaca dan Menulis Sebagai Gaya Hidup Civitas  Akademika IAIN Ar-Raniry” itu akan diadakan Sabtu (20/7) besok mulai pukul 16.30 Wib. Menurutnya, acara telaah buku itu sebagai wujud apresiasi karya dosen dan merangsang masyarakat pada minat baca dan menulis buku di kalangan akademisi.

Ia menyebutkan, acara mengulas isi buku buku itu dikemas dalam bentuk presentasi yang dilakukan para pembaca buku setelah sebelumnya membaca buku yang dipilih panitia (lihat buku) dan menuliskannya minimal satu halaman ulasan isi buku yang dipilih. “Setiap pengulas buku diberi waktu presentasi selama 15 menit di depan penulis dan audien lainnya, dan akan ditanggapi oleh penulis buku,” kata Nazaruddin Musa.

Selain itu, para peserta yang ikut mengulas buku Sabtu besok juga diberi kesempatan untuk bertanya terkait buku yang ditulis para dosen tersebut. “Para pengulas atau yang mereview buku nanti akan mendapat buku gratis dari penulis dan penghargaan dari perpustakaan,” ujarnya.

Ulasan buku di Pascasarjana IAIN itu akah diakhiri dengan buka puasa bersama penulis dan peserta yang hadir pada acara itu. Para peserta bisa menghubungi perpustakaan untuk memperoleh buku yang akan diulas di acara tersebut. [serambinews.com]