SBY Resmi Dapat Gelar Dr.H.C dari Unsyiah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala resmi memberikan Gelar Kehormatan Dr. H.C (Honoris Causa) bidang perdamaian kepada Presiden RI, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, di Gedung AAC Dayan Dawood, Kamis (19/9) malam.sby

Acara tersebut dimulai pukul 20.00 WIB, dan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh tamu undangan yang hadir di rapat senat terbuka itu.

Rektor Unsyiah, Samsul Rizal dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para undangan, khususnya untuk orang nomor satu di Indonesia itu. “Secara khusus kami mengucapkan selamat datang serta menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono yang telah memenuhi undangan kami dan bersedia menjadi Dies Reader pada peringatan Hari Jadi ke-52 Universitas yang menjadi jantong hati rakyat Aceh ini.” Ujar Rektor.

Pemberian gelar kehormatan H.C ini adalah yang kedua kalinya diberikan oleh Unsyiah. Sebelumnya kampus itu juga memberikan pengharagaan yang sama terhadap Mantan Perdana Menteri Malaysia, Dr. H. Mahathir Muhammad.

Ia menambahkan, “Keputusan pemberian gelar Doktor Kehormatan (Dr. H.C.) ini, tidaklah datang secara tiba-tiba, tetapi setelah melalui proses panjang dan pertimbangan matang yang dilakukan oleh Senat Universitas Syiah Kuala.”

Sementara itu SBY dalam orasi ilmiahnya menceritakan tentang perjuangannya dalam memperjuangkan perdamaian Aceh. SBY yakin bahwa Konflik di Aceh dapat terselesaikan secara perdamaian yang positif asalkan masyarakat mampu mengangkat benih kebencian dari dirinya masing-masing.

 “Dan menggantinya dengan rasa persahabatan dan persaudaraan yang kuat,” ujar Presiden dari Partai Demokrat itu.

Orasi Ilmiah tersebut  berakhir pukul 21.35 wib yang ditutup dengan pemberian penganugrahan gelar Dr. (H.C) kepada Presiden Republik Indonesia , bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono serta foto bersama. [Darashynny | Foto : Google]