IAIN Wisuda 839 Mahasiswa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry Banda Aceh mewisuda 839 orang yang terdiri dari 4 Doktor, 73 Magister, 696 Sarjana dan 66 Ahli Madya (24/9) di Auditorium Ali Hasjmy kampus setempat.wisuda 2

Rektor IAIN Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA disela-sela upacara wisuda mengatakan, IAIN terus meningkatkan pelayanan mengembangkan SDM untuk memajuan Kampus Islam Jantong Hatee Rakyat Aceh dimasa mendatang.

“Ke depan kampus IAIN Ar-Raniry bertekat untuk terus melakukan peningkatan baik dari segi akademik maupun dalam hal pelayanan lainnya, alumni IAIN harus menguasai bahasa asing minimal arab dan inggris,” Kata Farid.

IAIN terus memfasilitasi alumninya yang ingin melanjutkan pendidikan ditingkat lanjutan baik magister maupun program doktor, “Baru-baru ini terus meningkat alumni IAIN yang mengambil rekomendasi pada pimpinan IAIN. Saya beberapa orang telah memberi rekomendasi untuk melanjutkan kuliahnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Farid mengatakan IAIN Ar-Raniry telah mewajibkan bagi mahasiswanya yang ingin menyelesaikan kuliah, maka harus mampu bahasa arab dan inggris, standar toufel bagi mahasiswa jurusan bahasa 500, dan 450 bagi jurusan lainnya.

Sementara Wakil Dekan I bidang akademik Prof. Drs. H. Amirul Hadi, MA, Ph.D semester ini IAIN mewisuda sebanyak 4 orang Doktor, 73 orang Magister Agama Islam, 696 orang Sarjana Strata Satu (S-1) termasuk 46 orang Program Peningkatan Kualifikasi Guru (P2KG), 21 orang Ahli Madya Perbankan Islam dan 45 orang Ahli Madya Ilmu Perpustakaan.

“ Alumni yang lulus istimewa pada wisuda kali ini berjumlah 139 orang, dan untuk penghargaan mewakili fakultas dengan IPK tertinggi sebanyak 7 orang yang menyelesaikan 8 semester dengan IPK masing-masing 3.93, 3.92, 3.90, 3.89, 3.88, 3.87 dan 3.86,” ujar Amirul.

Dia menambahkan, bagi wisudawan yang mendapat nilai tertinggi diberikan piagam perghargaan dan voucher, pada wisuda kali ini juga diberi kesempatan memberikan sambutan mewakili wisudawan kepada Putri Reiza yang menuliskan skripsi dalam tiga bahasa, dia menyampaikan pesan dan kesannya dalam 3 bahasa, arab, inggris dan Indonesia.

“Tahun ini jumlah wisudawati lebih banyak dibandingkan wisudawan, dan ini telah berlangsung sejak beberapa tahun belakangan ini, sampai tahun ke-50 ini, IAIN telah menghasilkan 16 doktor, 712 Magister, 21.221 Sarjana strata Satu (S1), 321 Ahli Madya Perbankan Islam, 606 D-3 Perpustakaan, 2.377 Ahli Madya Prodi GPAI dan PGMI”. Ujarnya. [Nat]