Hari Ini, IAIN Gelar Seminar Internasional

Sumberpost.com | Banda Aceh  Dalam rangka menyambut HUT ke 50, IAIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Seminar Internasional dan Workshop di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Senin (30/9). iainKegiatan ini merupakan salah satu acara di peringatan tahun emas itu.

Ketua Pelaksana Dr. Inayatillah, M.Ag dalam rilisnya yang diterima sumberpost.com mengatakan, kegiatan seminar ini mengusung tema “Towards Improving the Higher Education  Quality ”. Tema bernuansa perubahan dan peningkatan kualitas ini akan tercakup dalam tiga topik utama yaitu Manajemen, Riset, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Materi yang akan disampaikan pada seminar ini antara lain Manajemen dan Tata Kelola UIN oleh Prof. Dr. Azyumardi Azra dari UIN Yogyakarta, Peluang dan Tantangan UIN Ar-Raniry oleh Prof. Dr. Syahrizal Abbas,MA dari IAIN Ar-Raniry.

“Research and Academic Publication oleh Dr. Bianca J. Smith dari University Brunei Darussalam dan IT in Highher Education: Towards A World Class University oleh Agung Fatwanto,M.Kom.,Phd dari Univeristas UIN Yogyakarta, Inegrasi Ilmu Sains dan Ilmu Agama oleh Jamie Mc.Caughey dari Nayang Technological University, Singapore,” ujar Inayatillah.

Materi yang akan disampaikan nantinya diharapkan dapat membantu untuk kesiapan dalam menyambut perubahan IAIN menjadi UIN, dalam hal peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia, manajerial dan tata kelola sertainfrastruktur perguruan tinggi yang berbasis Teknologi Informasi.

Lebih lanjut Inayatillah mengatakan, dari seminar ini diharapakan dapat membantu kelancaran perubahan status IAIN menjadi UIN, tidak hanya pada perubahan nama saja, tetapi lebih kepada subtansi, baik pada tataran teoritis maupun praktis.

Ditambahkan, seminar internasional dan workshop ini akan berlangsung selama dua hari, dengan jumlah peserta ditargetka capai 700 orang, terdiri dari civitas akademika IAIN Ar-Raniry. “Juga Instansi Pemerintah, swasta dan komunitas lainnya,” ungkapnya.[Rl | Ilustrasi Nat]