ADC : “Perempuan Kopi” Terbaik, “Mableun” Favorit

Sumberpost.com | Banda Aceh – Film Dokumenter ‘Perempuan Kopi’ terpilih menjadi film juara terbaik dalam ajang Aceh Documentary Competition (ADC) 2013, Senin (30/9). ADCFilm yang menceritakan tentang perjuangan seorang perempuan kopi di tanah Gayo itu berhasil terpilih setelah mengalahkan empat film documenter lainnya.

Sementara itu, film yang berjudul ‘Mableun’ Dari Aceh Besar, karya sutradara Samsul dan Faisal Ilyas berhasil menjadi film rekomendasi juri dan Film Favorit pilihan Penonton.

Malam penganugerahan ADC 2013 tadi malam berlangsung di Aula Balaikota Banda Aceh sejak pukul 20.30 hingga 23.00 WIB. Dalam acara itu turut  dihadiri oleh Staf Kusus Presiden RI Bidang Otonomi Khusus , Felix Wanggai, dan dimeriahkan oleh  Penampilan dari Liza Aulia dan Amoeba Band.

Film Perempuan Kopi ini disutradarai oleh Iwan Bahagia SP, dan Edi Santosa. Keduanya masih status Mahasiswa di Universitas di Aceh Tengah

Manager ADC, Azhari dalam sambutannya mengatakan ADC telah menghasilkan lima Film terbaik tahun 2013. ADC juga menurutnya lahir dari kreativitas muda-mudi Aceh  yang ingin mewujudkan ide-ide kreatif melalaui film Dokumenter.

“Kita ingin perlihatkan kepada dunia, dari hasil karya film yang telah kita produksikan.  Bagaimana kita membanguun Aceh, Jika kita tidak melakukan seperti ADC. Mudah-mudahan tahun depan kita mohon dukungan dari semua pihak, semoga akan terus melahirkan The Power of Aceh dimasa yang akan datang,” harapnya.

Aceh  Documentary Competition adalah kompetisi yang diadakan oleh TIM ADC Aceh.  Acara yang pertama kali diselenggarakan pada 2013 ini, merupakan ajang kompetisi dokumenter bagi pemula pembuat film dokumenter dari kalangan Muda-Mudi. Kompetisi ini merupakan wadah bagi kaum muda peminat dokumenter untuk menyampaikan pesan kekuatan kelompok dan individu di Aceh berbasis kearifan lokal. [TH | Foto Istimewa]

Mungkin Anda Menyukai