Ini Dia Alasan Anak Muda Gagal Berwirausaha

Sumberpost.com – Banyak anak muda, khususnya mereka yang baru lulus kuliah, nekat menjadi entrepreneur. Tapi mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan.enterpreuner

Kesalahan-kesalahan dalam membuka usaha memang wajar dialami setiap orang, tapi apa sih faktor-faktor yang membuat anak muda gagal dalam membangun usaha?

Director of Business Technology at PT Djarum Martin Basuki Hartono mengatakan, memulai karier sebagai entrepreneur tidak mudah, sehingga jangan berpikiran bahwa berwirausaha ingin yang bagus-bagus saja. Semua harus butuh proses.

“Saya ingin menshare berbagai hal yang mesti saya sampaikan mengenai wirausaha. Kita berpikir jadi entrepreneur yang bertanggung jawab adalah CEO, jadi jangan tersesat mau jadi entrepreneurmaunya yang benar dan bagus doang. Awal menjadi entrepreneur tidak ada yang cakep atau mudah,” ujarnya, dalam acara Tanoto Entrepreneurship Series, di Gedung Magister Manajemen FEUI, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2013).

Lebih lanjut, menurut dia, semua entrepreneur akan sering mengalami kegagalan. Hal ini karena terlalu banyak hal yang dibanding-bandingkan, sehingga selalu gagal.

“Tidak bisa percaya orang, janji tidak pernah ditepati juga bisa gagal. Kemudian hal lainnya yang membuat gagal yaitu tidak pernah dengerin orang, salah marketing karena terlalu banyak marketing, tidak ada mentor, tidak mengerti customer,” ucapnya.

Dia menambahkan, hal-hal yang membuat kegagalan dalam berwirausaha lainnya yaitu tidak ada kerjasama dan ribut dengan co-founder, kemudian produk yang jelek.

“Tidak mengerti caranya menghandle kegagalan, takabur. Yang terakhir tidak ada yang peduli dan tidak punya brand,” ungkapnya. [Okezone.com | Ilustrasi Google]

Mungkin Anda Menyukai