“Madrid Jual Oezil karena Punya Utang Rp 8,187 Triliun”

doc : google.com

Sumberpost.com – Mantan Direktur Real Madrid Jorge Valdano membeberkan kondisi keuangan tim raksasa Liga Spanyol tersebut, yang berujung pada penjualan Mesut Oezil. ozil 2Diakuinya, El Real sedang terlilit utang besar sehingga mereka membuat keputusan yang mengejutkan itu (jual Oezil) jelang penutupan bursa transfer musim panas lalu.

Memang, penjualan Oezil sangat mengejutkan publik karena terjadi hanya beberapa saat sebelum jendela transfer ditutup pada 2 September lalu. Gelandang elegan asal Jerman tersebut dilepas ke Arsenal dengan harga 42,5 juta poundsterling (sekitar Rp 763,653 miliar), hanya sehari setelah Madrid membuat rekor pembelian pemain termahal di dunia, Gareth Bale, dari Tottenham Hotspur, dengan harga 86 juta poundsterling (sekitar Rp 1,545 triliun).

“Hal utama adalah bahwa utang klub mencapai 541 juta euro (456 juta poundsterling atau sekitar Rp 8,187 triliun). Jumlah yang dibayarkan untuk Bale jadi terlihat sangat keterlaluan,” ujar Valdano, seperti dikutip dari Dailystar, Selasa (8/10/2013).

“Harga Oezil murah dan dijual lebih mahal. Penjualan itu berimbas positif pada utang, tetapi beban besar akan terus berakumulasi.”

Valdano, yang juga mengakui dirinya “dibuang” karena faktor utang tersebut, menambahkan dirinya sangat menyesal dengan keputusan Madrid menjual Oezil. Meskipun demikian, diakuinya jika skuad Carlo Ancelotti masih tetap fantastis. [kompas.com | Ilustrasi Google]