IAIN Resmi Jadi UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry dinyatakan Resmi berubah status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, perubahan status itu setelah keluar Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 64 tahun 2013 tertanggal 1 Oktober 2013.UIN

Staf khusus Rektor IAIN Ar-Raniry, Saifullah Isri, MA dalam siaran pers yang diterima sumberpost.com mengatakan, Perpres yang ditanda tangan langsung oleh Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono telah diterima, Kamis (11/10) di Kantor Sekretaris Kabinet di Jakarta.

“Perubahan status IAIN menjadi UIN Ar-Raniry merupakan sebuah kado istimewa bagi Kampus Jantong Hate Rakyat Aceh yang genap usianya 50 tahun, tepat pada 5 Oktober 2013,” Ujarnya.

Farid menambahkan, UIN Ar-Raniry Aceh merupakan Universitas Islam Negeri yang ke tujuh setelah UIN Sunan Syarif Kasim, “ Alhamdulillah UIN Ar-Raniry Aceh adalah UIN ke tujuh di Indonesia, yang bersamaan dengan ditetapkan UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi UIN ke delapan”.

Rektor menyebutkan, terhitung sejak 1 Oktober 2013, segala yang menyangkut dengan nama dan status serta Aset baik tetap maupun bergerak termasuk didalamnya Mahasiswa, Dosen, dan Karyawan IAIN secara otomatis menjadi Aset UIN Ar-Raniry.

“ Syukur Alhamdulillah, di tahun Emas IAIN Ar-Raniry berhasil mengukir suatu sejarah penting dalam pengembangan jati diri, yaitu perubahan status menjadi Universitas,” kata Farid yang juga Ketua Forum Rektor PTAIN se-Indonesia.

Rektor selaku Pimpinan UIN Ar-Raniry mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden, Menpan, Kemenag RI, Kemendikbud, Pemerintah Aceh, panitia perubahan IAIN menjadi UIN Ar-Raniry dan seluruh lembaga/ institusi baik pemerintah maupun swasta, juga kepada seluruh masyarakat Aceh yang mendukung dan bersama-sama memperjuangkan perubahan status menjadi UIN.

Menurutnya, UIN Ar-Raniry akan di resmikan pada puncak HUT-50 IAIN Ar-Raniry dalam Rapat Senat Terbuka, bersamaan dengan beberapa rangkaian kegiatan lainnya dalam menyambut Tahun Emas IAIN Ar-Raniry, diantaranya Temu Alumni Ar-Raniry, Lauching Cyber UIN Ar-Raniry, Pembagian Hadiah Aneka Lomba.

Lebih lanjut dikatakan, dalam menyambut HUT-50, tahun emas IAIN Ar-Raniry, panitia telah mempersiapkan rangkaian kegiatan, diantaranya yang telah dan sedang berlangsung lomba Karya Ilmiah Nasional, Seminar Internasional, Olah Raga Sepak Bola, serta pada Minggu, 20 Oktober akan digelar Gerak Jalan Santai Keluarga Bahagia bagi Masyarakat dan seluruh Karyawan IAIN, Tarik Tambang, Aneka Lomba Anak-Anak, Donor Darah dan beberapa kegiatan lainnya.

Rektor juga menyinggung tentang akan dibuka Fakultas Baru yang direncanakan mulai tahun depan, diantaranya Fakultas Ekonomi dan  Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi dan Konseling serta Fakultas Sains dan Teknologi, demikian Ujarnya. [rel]

Mungkin Anda Menyukai