Aneh, Planet Ini Tak Mengorbit pada Bintang

Sumberpost.com – Planet lazimnya mengorbit pada bintang sebagai pusat sistem tata surya. Namun, sebuah tim astronom menemukan planet eksotis muda yang sama sekali tak mengorbit pada bintang apa pun. Planet bebas itu, dilabeli PSO J318.5-22, terletak hanya sekitar 80 tahun cahaya dari Bumi dan punya massa enam kali lebih besar dari Jupiter. 

planetPara astronom itu memperkirakan planet kesepian itu baru terbentuk 12 juta tahun lalu–masih tergolong baru untuk ukuran planet. Planet tersebut diidentifikasi melalui pancaran panasnya yang unik dan samar menggunakan teleskop Pan-STARRS 1 (PS1) di Haleakala, Maui.

Pengamatan lanjutan menggunakan teleskop berbeda menemukan struktur planet itu punya kemiripan dengan planet-planet yang mengitari bintang muda. Uniknya, PSO J318.5-22 terlihat seperti melayang sendirian tanpa bintang sebagai induknya. Laporan penemuan planet aneh ini dimuat dalam Astrophysical Journal Letters.

“Kami tak pernah melihat objek bebas di antariksa seperti ini. Benda itu punya semua karakter planet-planet muda yang ada di sekitar bintang, tapi ternyata dia bergerak di sana sendirian,” kata kepala tim Michael Liu dari Institut Astronomi Universitas Hawaii di Manoa. “Aku sebelumnya sering menduga bahwa ada objek yang sendirian saja di angkasa sana, dan sekarang kita tahu bahwa mereka benar-benar ada.”

Selama dasawarsa terakhir, sudah banyak planet di luar tata surya manusia yang ditemukan dan jumlahnya kini mencapai seribu. Namun pencitraan langsung hanya bisa dilakukan terhadap beberapa planet yang umumnya mengorbit bintang muda dengan usia kurang dari 200 juta tahun. Planet PSO J318.5-22 adalah satu dari objek bebas melayang yang ditemukan dengan massa yang diperkirakan paling rendah.[tempo.co]

Mungkin Anda Menyukai