DEM Adab Gelar Pekan Sejarah Bersama Adab

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, mengadakan acara Sepekan Sejarah Bersama Adab di kampus tersebut mulai pada Rabu, (23/10). Kegiatan ini berlangsung hingga hingga 30 Oktober 2013.foto pembukaan Acara (PUBLISH)

Acara yang mengusung tema “Aceh Dalam Bingkai Sejarah ” ini, memamerkan berbagai macam foto dan foster. Diantaranya foster tentang hubungan luar negeri Kerajaan Aceh masa dulu, kekerasan dan kekejaman pada masa konflik Aceh serta beberapa manuskrip klasik Aceh.

Foto-foto tersebut berasal dari Museum HAM Aceh dan PUSHAM Unsyiah dan foster berasal dari pusat penelitian International Centre For Aceh and Indian Oceans Studies (ICAIOS).

Dekan Fakultas Adab, Misri A Muchsin saat membuka acara itu dalam rilis yang diterima Sumberpost.com mengatakan, pihak dekanan sangat mendukung kegiatan yang berlangsung selama delapan hari itu. “Kami sangat mendukung acara ini,” katanya.

Ia berharap bahwa dengan adanya acara yang seperti ini, dapat mengingatkan kita kembali akan masa konflik dahulu, bukan karena ingin menumbuhkan konflik tetapi bagaimana kita dapat merawat perdamaian sehingga konflik tidak terjadi lagi dimasa yang akan datang. “Ini adalah acara yang menghadirkan satu episode tentang sejarah konflik Aceh” ungkapnya.

Selain acara pameran foster dan foto, pada tanggal 28 Oktober juga akan diadakan Stadium General,  pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Nonton bareng pada tanggal 30 Oktober mendatang di Auditorium Fakultas Adab serta dibuka bazzar buku selama berlangsungnya acara tersebut. [Foto : Istimewa]