Meutya Hafid : Menulis Harus Gunakan Hati

Sumberpost.com | Medan – Anggota Komisi I DPR-RI, Meutya Viada Hafid bagi ilmu-ilmu jurnalistik kepada mahasiswa IAIN Sumatera Utara, Senin (28/10). Dalam materi yang diberikan ia menganjurkan agar para wartawan agar menulis dengan menggunakan hati nurani.mutia hafid

Dalam kegiatan Pelatihan Nasional (Pena) Pers Mahasiswa yang diadakan LPM Dinamika IAIN SU 28 Oktober hingga 1 November itu, mantan wartawan Metro TV ini, mengaku banyak wartawan sekarang yang menulis  tidak menggunakan hati nurani.

“Mereka hanya mengejar deadline sehingga meninggalkan makna tersendiri dalam suatu penulisan berita,” katanya di hadapan puluhan mahasiswa yang juga diikuti oleh beberapa LPM se Indonesia itu.

Menurutnya dengan semakin berkembangnya media online di dunia, semakin membuat para wartawan menulis tanpa menggunakan hati nurani. Padahal dengan menulis dengan hati, maka hasil tulisan akan lebih baik.

“Contohnya ketika dulu saya masih menjadi jurnalis, saat ada konferensi pers. Saya sudah tulis duluan skripnya sebanyak 70 persen. Ketika sudah selesai kegiatannya, saya tinggal menambahkan yang masih kurang, jadi cepat update,” ungkapnya. “yang penting seorang wartawan itu harus senyum, sapa dan sopan,” imbuhnya. [AR]

Mungkin Anda Menyukai