Buku “The Islands” Sajikan Keindahan Indonesia

Sumberpost.com – Seorang pria Bulgaria bernama Andrey Edrev meluncurkan bukunya yang berjudul “The Islands”. Buku setebal 295 halaman tersebut berisi sederetan cerita perjalanan Andrey Edrev selama berada di kepulauan Indonesia. Andrey menceritakan dalam bukunya tentang keindahan alam Nusantara dan pengalamannya menjelajahi bagian timur Indonesia mulai dari Bali hingga ke Raja Ampat.
PemandanganSebelum “The Islands” diluncurkan, Andrey Edrev menyampaikan bahwa buku tersebut telah terjual sebanyak 500 eksemplar dalam waktu 10 hari. Peluncuran buku “The Islands” yang ditulis dalam bahasa Bulgaria tersebut telah berlangsung pada 12 September 2013 di Club Biblioteka Sofia, Bulgaria.

Saat Peluncuran buku itu sendiri dihadiri oleh Dubes RI untuk Bulgaria Bunyan Saptomo dan 100 tamu yang terdiri dari kalangan artis, budayawan, akademisi, beberapa pejabat pemerintah dan parlemen, serta tentunya jurnalis berbagai media Bulgaria baik cetak maupun TV (TV7,  Nova TV, Btv, Weekend, Trud, dan Standart).

Kedatangan Andrey Edrev ke Indonesia berawal dari kegemarannya akan pantai dan kehidupan yang jauh dari keramaian. Kemudian dia memutuskan untuk datang ke Bali, Indonesia untuk pertama kalinya. Kunjungan kedua Andrey dilakukan untuk menjelajahi pulau-pulau di sebelah timur wilayah Indonesia selama 6 bulan (Oktober 2012 – Maret 2013) dengan base di Bali.

Selama berada di beberapa pulau tersebut, Andrey sangat takjub dengan keindahan pulau-pulau yang disebutnya sebagai “surga dunia” tersebut serta kehidupan dan tradisi masyarakatnya. Hasil perjalanan dan pengalamannya kemudian diceritakan dalam  buku “The Islands”. Dalam bukunya tersebut, Andrey menceritakan petualangan epiknya menjelajah pulau Bali, Lombok, Flores, Komodo, Rote, Lando, Runduma di Wakatobi, Kalabaki dan Raja Ampat.

Secara detail dia menceritakan pengalamannya mulai dari bergaul dan menyelami kehidupan masyarakat setempat termasuk budaya dan tradisinya sampai pada pengalamannya ikut bersama-sama penduduk setempat mencari ikan dengan tombak. Di beberapa halaman bukunya dia juga menceritakan perjalanan melelahkan namun mengasyikkan dari Bali ke Lombok dan beberapa pulau di Nusa Tenggara (Flores, Komodo, Rote) menggunakan sepeda motor.

Dalam bukunya, Andrey menggambarkan pula tentang bagaimana penduduk Indonesia sebagai masyarakat yang ramah, murah senyum, saling membantu satu dengan yang lain dan mempunyai budi pekerti luhur (good manner).

Melanjutkan penulisan bukunya, Andrey akan kembali menjelajah Indonesia selama 6 bulan dimulai pada bulan Oktober 2013. Ke depan Andrey akan menjelajahi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi serta kembali mengunjungi Runduma, Bali, dan Raja Ampat yang merupakan tempat  favoritnya.[kompas.com |Ilustrasi google]