Mahasiswa UIN KPM di Dua Kecamatan

Sumberpost.com | Banda Aceh –  Sebanyak 274 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat di kabupaten Aceh Besar, kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) tahun 2013 ditempatkan di Kecamatan Blang Bintang dan Krueng Barona Jaya.KPM_4507

Proses penyerahan mahasiswa KPM ke Masyarakat Gampong dilaksakan di Kantor Camat Krueng Barona Jaya. Penerimaan mahasiswa ini disambut langsung oleh Camat setempat, Drs. Busra dan diserahkan kepada masing-masing Geuchik Gampong sesuai dengan penempatanyan peserta KPM.

Sebelum melakukan penyerahan di Krueng Baroena Jaya, Wakil Rektor II Luthfi Aunie, Senin (18/11) mengatakan peserta KPM ini secara akademik telah menyelesaikan segala tugas perkuliahan di Kampus, namun mereka selama di kampus hanya memperoleh teori saja. “Sedang praktiknya pada mata kuliah KPM yang langsung ditempatkan di desa-desa,” kata Luthfi.

Camat Krueng Barona Jaya Drs. Busra mengatakan bagi orang Aceh jika datangnya tamu maka artinya membawa berkah, “Salah satu Syarat berada di Gampong, terutama di Aceh adalah hadir shalat berjamaah di Meunasah, atau mengikuti kegiatan lainnya yang dilaksanakan di Meunasah, maka itu 50% telah dinilai baik, serta mohon dibantu pada TPA dan kegiatan lainnya, itu akan menjadi tambahan,” Ujar Busra.

Sementara di Kecamatan Blang Bintang penyerahan peserta KPM diwakili oleh Wakil Rektor III, Soufyan Ibrahim yang diterima langsung oleh Camat Erijoni, SP.

Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M) M. Husein A. Wahab menyebutkan, jumlah peserta KPM mandiri tahun 2013 ini sebanyak 274 mahasiswa, 101 orang ditempatkan di Kecamatan Krueng Barona Jaya dan 173 orang di Kecamatan Blang Bintang.

“Kecamatan Krueng Barona Jaya memiliki 12 desa dan 26 desa di Kecamatan Blang Bintang, setiap desa ditempatkan 7-8 mahasiswa peserta KPM, mereka akan berada dilapangan selama 45 hari terhitung sejak 18 November sampai 31 Desember 2013,” Kata Husein. [Rayful Mudassir | Foto Nat]

Mungkin Anda Menyukai