Senat PPs Bedah Buku “Dayah 2050”

Sumberpost.com | Banda Aceh – Senat Mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar sebuah bedah buku Dayah 2050 di Aula Pasca Sarjana lantai 3 lampus tersebut, Senin (30/12). Kegiatan itu bekerjasama dengan Lembaga Studi Agama dan Masyarakat Aceh (LSAMA).bedah buku

Bedah buku ini berlangsung dari pukul 09.30 hingga pukul 12.00 WIB. Acara itu dihadiri oleh tiga pemateri. Dosen UIN, Ajidar Matsyah, Dr. Saiful Mahdi dan Wakil Ketua MPU Aceh, Faisal Ali.

M. Hasbi Amiruddin, Ketua LSAMA dalam sambutannya mengatakan, acara ini diselenggarakan mengingat peran dayah dalam era globalisasi semakin berkurang. “Terlebih lagi pada saat sekarang ini dimana banyak alumni dayah yang tidak dapat bekerja, hanya karena tidak ada ijazah. Serta dayah yang merupakan tempat menuntut ilmu agama islam, sekarang sudah begitu tipis perannya dalam aspek kehidupan masyarakat,” kata Hasbi.

Ia juga mengatakan, sebenarnya dayah di Aceh merupakan tempat menuntut ilmu agama islam yang tertua, bahkan lebih tua di bandingkan universitas Al-Azhar Mesir. “Oleh karena itu tidak ada satupun diantara kita yang tidak mengenal dayah di Aceh ini,” tambah Hasbi.

Selain itu, Hasbi juga menjelaskan bahwa Dayah di Aceh kini bukan hanya menjadi penelitian tingkat lokal ataupun nasional. Namun telah ada penelitian berbentuk thesis yang menganalisis mengenai Dayah di Aceh. “Dayah di Aceh kini telah menjadi Thesis di dunia Internasional” Kata Hasbi diakhir sambutannya. [Darashynny]

Mungkin Anda Menyukai