Gampong Lampeuneurut Ujong Blang Gelar Perlombaan Dalail Khairat

Sumberpost.com | Aceh Besar – Pemuda Gampong Lampeuneurut Ujong Blang menggelar acara perlombaan Musabaqah Dalail Khairat Al-Yaqien Muda di Meunasah Al-Yaqien, se-kecamatan Darul Imarah kabupaten Aceh Besar, Selasa (4/2).

Dala

Acara ini diadakan sekaligus untuk memperingati maulid Nabi Muhammad saw 1435 H. Peserta yang mengikuti perlombaan harus melalui beberapa tahap. Setiap grup diwajibkan melewati babak penyisihan. Bagi grup yang lolos akan menuju ke babak final pada hari rabu, (12/2) mendatang, serta pembagian hadiah pada malam puncak dua hari berselang.

Irfandi, panitia pelaksana mengatakan, acara ini adalah salah satu agenda pemuda gampong Lampeuneurut Ujong Blang yang bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah nilai-nilai agama Islam, serta membangkitkan semangat gampong-gampong lainnya untuk melestarikan Dalail Khairat ini.

 “Perlombaan Dalail Khairat seperti ini sudah sangat jarang dilaksanakan dan ini perdana kami buat ditingkat kecamatan Darul Imarah. Semoga kedepannya bisa lebih luas lagi,” ungkap Irfandi.

Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah yang juga turut hadir dalam acara tersebut memberi apresiasi yang sangat tinggi pada acara ini. Menurutnya perlombaan ini merupakan suatu program budaya Islam yang harus dipertahankan.

Pada kesempatan itu. Bupati juga akan memberi hadiah bagi yang mengikuti perlombaan ini. Juara pertama sebesar Rp. 2,5 juta, juara kedua Rp. 2 juta, juara ketiga Rp. 1,5 juta, serta yang tidak mendapatkan juara tetap diberikan masing-masing Rp. 1 juta.

 “Mudah-mudahan prestasi yang kita jaga harus dipertahankan semoga potensi-potensi ini bisa menjadi unggul,” ujar Mukhlis di sela-sela sambutannya.

 Al-Muqarammah Mengajak Syiar Agama Islam.

Salah satu grup Dalail Khairat yang berasal dari gampong Bayu, Aceh Besar, Al-Muqarammah, mengajak kepada kita semua untuk mensyiarkan agama Islam melalui dalail khairat. Grup yang juga pernah menjuarai perlombaan serupa di beberapa event ini berharap agar pemerintah dapat lebih memperdulikan lagi syiar-syiar agama Islam melalui Dalail Khairat ini.

 “Kalau bisa pemerintah lebih memperdulikan lagi dalail khairat ini, karena ini merupakan sebagian dari dakwah, apalagi bagi pemuda-pemuda yang sebelumnya pernah belajar Dalail Khairat ini, maka disinilah ajang untuk meningkatkan bakatnya tersebut,” tutup Muhammad Zardan salah satu anggota Dalail Khairat. [Anak Magang | Zulfahmi Ikhsan]

Mungkin Anda Menyukai