Pusmed + A UIN Sosialisasikan Jurnalisme SMS

Sumberpost.com | Darussalam – Pusat Studi Media dan Agama (Pusmed+A) UIN Ar-Raniry menyelenggarakan workshop Jurnalisme SMS, di ruang sidang biro rektor kampus tersebut, Rabu (26/03).

Workshop dengan tema “Menulis berita Singkat Soal Pelayanan Publik” itu dibuka oleh Kepala Pusmed + A, Fairus M nur Ibrahim. Selain Fairus, kegiatan itu juga diisi oleh beberapa praktisi pers seperti, Bustamam Ali, Saniaji Bintang, Najib, Fatiya dan Amir Hamzah.

Acara yang dimulai dari jam 09.00 – 05.00 WIB mendapat partisipasi kurang lebih 100 peserta, tidak hanya mahasiswa UIN sendiri tetapi juga dari Unsyiah.

Terkait dengan tema workshop jurnalisme sms, Fairus M nur Ibrahim kepada sumberpost mengatakan dengan jurnalisme SMS pengambil kebijakan memperoleh informasi yang lebih jujur dari warga . Masyarakat pun dapat mengabarkan peristiwa kepada kepala daerah atau pimpinan instansi tanpa birokrasi yang panjang, ruwet dan berbeli-belit.

Workshop ini pernah di berikan kepada masyarakat, melihat ada potensi fitur SMS di HP yang belum di manfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Jurnalisme SMS ini merupakan suatu gendre baru dimana masyarakat dapat memberikan informasi kepada orang banyak.

“Satu cara lain untuk menyampaikan berita yang mereka lihat, karena kalau mereka menyampaikannya kepada media, belum tentu di muat kan?. Tapi dengan cara ini fasilitas yang ada di HP itu bisa mereka pakai untuk menginformasikan ke banyak pihak,” ujar Fairus.

Anak Magang | Muizatun Hasanah