Isi Kuliah Umum, Sekjend IPI Bicara Prospek Pustakawan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Zulfikar Zen mengisi kuliah kepada ratusan mahasiswa dan keluarga besar Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jumat (25/4). Dalam kuliahnya, Zulfikar membahas tentang prospek Pustakawan di Era Globalisasi.

“Kalau kita bekerja di Perpustakaan, maka mau tidak mau kita harus belajar semua aspek. Karena profesi Pustakawan tidak hanya pada satu profesi,” kata Zulfikar di Aula Audit Fakultas tersebut.

Ia menambahkan seorang Pustakawan juga dituntut memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris dan menguasai teknologi sehingga tidak dikenal pustakawan gagap teknologi.

“Kita perlu bicara secara lebih luas dan pustakawan harus kuasai bahasa inggris dan ICT. Kedua ini bukan lagi ilmu sebetulnya tetapi sudah menjadi tools. Jangan sampai ada buku dalam bahasa inggris langsung dibuang, ini keliru,” tambahnya.

Lebih lanjut Zulfikar Zen yang juga Ketua Program Pascasarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB Universitas Indonesia berharap kepada Calon Pustakawan untuk menghadirkan perpustakaan yang ramah dan nyaman kepada semua pengguna. “Dulu orang perpustakaan sibuk dengan penyusunan koleksi. Sekarang kelemahan kita adalah marketing. Kita belum mampu menghadirkan perpustakaan yang disukai, ramah dan mampu menjemput pemustaka,” Jelas Sekjend IPI ini.

Arkin Kisaran