Syamsul Rijal: Mahasiswa, Galakkan Penulisan Jurnal

Sumberpost.com | Banda Aceh – Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Syamsul Rijal Sys, M.Ag mengatakan, jurnal merupakan salah satu karya ilmiah yang sangat penting dalam dunia pendidikan, dengan munculnya jurnal hasil riset dapat menjawab penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di kalangan masyarakat.1780247_10201347253075477_628133716_o

“Jurnal itu dibaca oleh orang banyak dan akan melahirkan kritikan-kritikan oleh para ahli dari hasil yang dipublikasikan, sehingga dengan kritikan dapat mendapatkan masukan-masukan yang membangun untuk melahirkan jurnal yang lebih baik,” kata Syamsul Rijal  dalam sambutannya pada pembukaan stadium general, Senin (9/6) di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ia mengharapkan, ke depan jurnal yang dihasilkan UIN Ar-Raniry harus lebih baik, saat ini harus bangga bahwa jurnal Ar-Raniry (http://journalarraniry.com/) sudah memiliki ISSN (internasitional standard serial number) dan dapat dipublikasi secara online.

Menurutnya, pimpinan UIN Ar-Raniry akan sangat bangga jika ada mahasiswa UIN Ar-Raniry yang menulis di jurnal internasional, dijanjikan akan bebaskan SPP bagi yang dipublikasikan karyanya. Tahun lalu mahasiswa UIN Ar-Raniry telah melahirkan karya tulis yang dibukukan, ke depan hal seperti itu tetap akan terus dikembangkan, bagi mahasiswa sudah dapat mempersiapkan karya-karyanya untuk dibukukan nantinya.

“Sudah saatnya mahasiswa UIN Ar-Raniry harus mampu melahirkan jurnal yang dapat menjadi referensi kuliah, kepada peserta diharapkan mengikuti kuliah umum ini dengan baik, dan kita harapkan wacana pendirian Lipi Corner segera terwujud,” tutup Syamsul.