Penebangan Berlebihan, Area Hutan Bakau Menyusut Drastis

Sumberpost.com – Center For International Forestry Research (CIFOR) mengungkapkan, luas hutan bakau menyusut 30-50 persen dalam lima dasawarsa terakhir di Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh penebangan yang berlebihan sehingga mengancam ekosistem hutan bakau.

Seperti dilansir http://nationalgeographic.co.id/, disebutkan bahwa fungsi hutan bakau sebagai pendukung produksi perikanan dan siklus unsur hara, akan terganggu dengan penyusutan area. Menyikapi fakta tersebut, PT SGS Indonesia bersama Lemabaga Kemanusiaan Nasional PKPU melakukan aksi penanaman 4.000 bibit mangrove di Pantai Indah Kapuk, Jakarta-Utara pekan lalu.

“Penanaman dilakukan di daerah bekas tambak yang tergenang air cukup dalam dengan metode atau teknik penanaman guludan. Ini menjadi menjadi solusi terbaik bagi kawasan PIK yang memang daerah rawan banjir,” kata Presiden Direktur PKPU Agung Notowiguno.

Ia menambahkan, penanaman Tidak hanya fokus pada bibit saja, tapi juga program pelestarian bakau secara holistik melalui penanaman dan rehabilitasi bakau, dan edukasi terkait peran bakau bagi kualitas lingkungan dan pemanfaatan biodiversitas bakau.