Dua Persen Calon Maba UIN Tak Hadir Tes

Sumberpost.com | Banda Aceh – 5000 lebih peserta yang mengikuti tes ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTAIN) selasa (24/06). Dari jumlah itu, dua persen diantara tidak berhadir untuk mengikuti ujian yang dilaksanakan di Universitas Islam Negri (UIN )Ar-Raniry Banda Aceh.

Ketua Panitia UM-PTAIN, Muhibbutabari kepada wartawan disela-sela mengunjungi peserta tes pagi tadi mengatakan mereka yang tidak mengikuti tes pagi ini, di perkirakan mungkin telah mengikuti tes di perguruan tinggi lainnya. Namun ada juga peserta yang mengikuti ujian di kampus lain dan memilih perguruan tinggi di UIN Ar-Raniry.

 “Karena tes ini melalui online dan nasional, makanya mereka bisa di mana saja mengikuti tes di perguruan tinggi agama islam lain nya, dan memilih universitas yang di inginkan,” kata Warek.

 “Nantinya juga akan di buka tes selanjutnya yaitu jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) lokal, dan membuka dua prodi.  Dimana  mereka yang tidak bisa mengikuti tes hari ini, bisa mengikuti tes selanjutnya yang di laksanakan oleh kampus sendiri,” tambahnya.

Pada hari pertama, peserta diberikan pertanyaan tentang Tes Potensi Akademik, Ilmu Dasar dan Pengetahuan Islami. Selanjutnya di hari kedua, 25 Juni 2014, calon Maba diberikan pertanyaan tentang bidang yang dipilih baik IPA, IPS maupun IPC. Khusus Ilmu Pengetahuan Campuran, mereka diberi  pertanyaan tentang IPA dan IPS. []

Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai