Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry adakan Safari Ramadhan Di Lapas

Sumberpost.com | Banda Aceh — Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melakukan Safari Ramadhan ke Lapas dan Rutan di Aceh Besar, kegiatan ini akan berlangsung satu bulan penuh selama Ramadhan 1435 H Senin (7/7).

Mira Fauziah_WD IIKoordinator Kegiatan Mira Fauziah, mengatakan, program safari ramadhan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada bulan puasa setiap tahunnya, dan pada tahun ini Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) memilih Lapas (lembaga pemasyarakatan) Lambaro dan Rutan (rumah tahanan) Lhok Nga sebagai tempat untuk safari ramadhan.

“Kegiatan safari ramadhan ini dilaksanakan selama satu bulan penuh dalam bulan Ramadhan, kegiatan yang dilakukan oleh tim antara lain mengirimkan penceramah dan imam pada setiap shalat tarawih ke masjid-masjid yang dipilih sebagai tempat safari,” kata Mira.

Ditambahkan, selain di Lapas dan Rutan, tim dari fakultas dakwah dan komunikasi juga melakukan safari ramadhan pada gampong binaan FDK serta masjid-masjid yang ada disekitar kampus dan masjid yang membutuhkan penceramah di kota banda aceh dan aceh besar.

Mira Fauziah yang juga Wakil Dekan II FDK menyebutkan, selain mengirimkan penceramah dan imam pada shalat tarawih, panitia juga telah membuat jadwal pengajian bagi ibu-ibu yang ada di gampong binaan fakultas dakwah, kegiatan ini berlangsung tiga hari dalam seminggu digelar pada siang hari.

“Kegiatan ini merupakan bentuk dari pengabdian dosen dan karyawan di kampus UIN Ar-Raniry kepada masyarakat, ini menjadi tanggungjawab bagi kampus untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai mana disebutkan dalam tri dharma perguruan tinggi,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Dr. Abizal Muhammad Yati, MA mengatakan, pihaknya telah menjalin silaturrahmi dengan beberapa pengurus masjid yang ada di kota banda aceh dan aceh besar, sejak sebelum ramadhan panitia telah menentukan masjid yang akan dijadikan sebagai tempat safari ramadhan oleh fakultas dakwah.

“Masjid dan mushalla yang dipilih merupakan masjid-masjid yang berada di pedalaman serta masjid yang tidak ada anggaran untuk mengundang penceramah selama sebulan penuh, serta dua masjid yang ada di Lapas dan Rutan, sehingga kedatangan tim safari ramadhan dari fakultas dakwah UIN Ar-Raniry sangat diharapkan,” katanya.

Menurut Abizal, kedatangan tim penceramah pada Shalat Tarawih sangat diharapakan, terutama para jamaah di masjid Rutan dan Lapas sangat membutuhkan pencerahan baru dari da’i-da’i yang luas wawasannya, ini dilakukan setiap malam selama bulan puasa, dosen-dosen Dakwah menjadi da’i dan imam selama sebulan penuh.

Kegiatan safari di Lapas dan Rutan telah berlangsung sejak satu ramadhan hingga akhir ramadhan serta nanti juga akan mengutuskan khatib dan Imam Shalat Idul Fitri, Insyaallah kata Abizal. Sedangkan kegiatan pengajian bagi ibu-ibu di gampong binaan berlangsung mulai pada 7 hingga 21 Ramadhan mendatang.

Kegiatan digampong binaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini telah terbentuk sejak lama, dan ini terus dikembangkan, desa binaan FDK antara lain Gampong Mireuk Taman, Cot Lamme, Gampong Menasah Siem, Teungkop serta kegiatan safari ramadhan ini juga dilakukan dibeberapa desa/gampong di Aceh Besar dan Banda Aceh. [Rilis].

 

Mungkin Anda Menyukai