7 Alumni UIN Lanjut Studi S2 Ke Cina

Sumberpost.com | Banda aceh – Sebanyak tujuh alumni UIN Ar-Raniry kembali diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya ke China di berbagai universitas ternama di Negeri itu.MoU dg WHUTChina

Wakil Rektor III, Syamsul Rijal dalam siaran pers yang diterima redaksi sumberpost.com, Senin (8/7) mengatakan, Ini merupakan realisasi dari pada kerjasama UIN Ar-Raniry dengan Wuhan University of Technology (WHUT) Wuhan, P.R. China yang telah berlangsung pada 5 Mei 2014 lalu.

Disebutkan, ke tujuh alumni UIN Ar-Raniry yang lulus untuk melanjutkan program magister di China antara lain 5 orang lulus di Wuhan University of Technology (WHUT) yaitu Mawaddah dan Harwika pada jurusan Fisika, Ainul Fitri dan Al-Zuhri pada jurusan Komunikasi dan Sri Endang Yuliana jurusan Kesejahteraan Sosial.

Selain di WHUT lanjut Syamsul, ada dua orang yang lulus di kampus lain. Riska Firmanila lulus pada jurusan Komunikasi dan Siti Aminah pada jurusan Perpustakaan di Central China Normal University (CCNU) China. Mereka akan berangkat pada awal September mendatang.

“Diharapkan keberhasilan mereka ini bukan saja realisasi dari MoU, tapi juga bukti kemampuan mahasiswa dan alumni UIN Ar-Raniry di dunia internasional, dan kita berharap dapat diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa UIN lainnya di tahun masa akan datang,” ujar Syamsul.

Sementara itu Direktur Badan Koordinasi Pusat Bahasa Mandarin (BKPBM) Aceh Abdul Rani Usman mengatakan, pihaknya terus mencari relasi serta menjembatani antara pemerintah China melalui kedutaan dengan universitas-universitas di Aceh dalam pengembangan pendidikan dan kebudayaan bagi generasi muda Aceh.

Abdul Rani menyebutkan, BKPBM telah menjalin kerjasama dengan beberapa univeritas di China dibidang pendidikan dan kebudayaan. Sampai saat ini ada 14 mahasiswa Aceh mendapat kesempatan dan beasiswa dari pemerintah China untuk melanjutka pendidikan di universita-universitas di Negeri itu.

“Selama 4 tahun belakangan ini ada 14 mahasiswa Aceh yang mendapatkan beasiswa dan kuliah di China, diantaranya pada tahun 2011 ada empat orang, 2012 dan 2013 masing-masing 1 orang dan pada 2014 ini kembali lulus 8 mahasiswi untuk berbagai jurusan di beberapa kampus ternama di China,” kata Rani.

Lebih lanjut dikatakan, BKPBM Aceh terus melakukan upaya untuk memperoleh peluang yang lebih besar, selain untuk program magister juga diupayakan memperoleh kesempatan kuliah pada strata satu (S1) pada universitas di China, “Alhamdulillah pada tahun 2014 ini juga lulus 1 orang yaitu Rafika Ulfa pada jurusan Perdagangan internasional (S1) di Huazhong University of Science and Technology (Hust) China”.

Selain itu kata Abdul Rani, BKPBM juga telah mengirimkan 2 orang untuk melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia di Medan serta 2 orang pada jurusan Sastra Mandarin di Universitas Al-Azhar Indonesia Jakarta.[]

Rilis

Mungkin Anda Menyukai