Fakultas Syariah Gelar Konferensi Internasional Optimalisasi Zakat

Sumberpost.com – Media Syari’ah fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Ar-Raniry akan menggelar Konferensi Internasional Optimalisasi Zakat sebagai Pilar Peradaban Islam, di Hermes Palace Hotel. Acara yang merupakan kerjasama Baitul Mal Aceh dan Fakulta Syari’ah itu akan berlangsung 13 hingga 14 Agustus besok.

Zakat-1

Dilansir atjehpost.com, kegiatan ini bertujuan untuk pembahasan mengenai segala permasalahan dan solusi terkait pengolahan zakat di dunia islam khususnya Aceh.

“Kita ingin masukan dari para peserta dan pembicara pada kegiatan nanti. Sehingga akan memperkuat regulasi tentang pengelolaan zakat di Baitul Maal Aceh,” Ujar Kepala Baitul Mal Aceh, Armiadi Musa saat ditemui Media di ruang Media Center Humas Pemerintah Aceh (11/8).

Acara ini turut mengundang pembicara dari Asia tenggara dan Timur Tengah serta pastisipasi dari pembicara tingkat nasional. Diharapkan kegiatan tersebut mampu meningkatkan pemahaman mengenai zakat dan manfaatnya bagi penguatan ekonomi islam.

“Kita harapkan ada rumusan baru terkait inovasi dalam pengelolaan zakat modern,” tambahnya.

Sementara itu, Nazaruddin AW dari Media syari’ah menambahkan, bahwa  Fakultas Syari’ah ssebagai lembaga pengembangan keilmuan yang berorientasi pada pengembangan ilmiah, sering menggelar kajian-kajian ilmiah.

“Tahun 2013 lalu kita sudah mengkaji isu Persia, dan tahun ini kita mengulas soal zakat,” imbuh dosen UIN Ar-raniry itu.

Menurutnya,  Undang-undang nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh secara regulasi sudah sangat baik karena telah mencantumkan zakat sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD),

“Kemudian Qanun nomor 10 tahun 2007 tentang Baitul Mal Aceh yang menyatakan bahwa, semua penerimaan zakat yang dikelola Baitul Mal kabupaten/kota merupakan PAD disetor ke kas umum daerah kabipeten/kota,” terang Nazaruddin.

Untuk tahun depan, pihak Fakultas Syariah berncana menggelar konferensi bertaraf internasional terkait dengan Ekonomi dan Kebijakan Publik yang bekerja sama dengan Islamic Reasearch and Training Instutute (IRTI) Jeddah.

Mungkin Anda Menyukai