Penerimaan Zakat Di Aceh Masih Minim

Sumberpost.com – Kepala Baitul Mal Aceh, Armiadi Musa mengungkapkan bahwa kesadaran masyarakat di Aceh, terutama sektor swasta untuk membayar zakat masih minim dan jauh dari target.

foto: atjehtoday.com
foto: atjehtoday.com

“Jika dihitung dari PDRB (Produk Domestik Regional Bruto-red) tahun 2012, potensi zakat kita bisa mencapai Rp 1,9 triliun. Namun pada tahun tersebut Baitul Mal Aceh hanya mampu mengumpulkan zakat sebesar Rp 28,78 miliar, jika digabungkan dengan keseluruhan Baitul Mal kabupaten/kota sebesar Rp 98,19 miliar,” papar Armiadi seperti dilansir atjehpost.com.

Meski menunjukkan tren peningkatan di setiap tahunnya, akan tetapi zakat yang berhasil terkumpul bersumber dari pemerintahan. Sedangkan dari sektor swasta belum tergali.

“kita menyoroti beberapa permasalahan pokok, seperti tingkat kepercayaan terhadap lembaga pengelola yang turut mempengaruhi besaran perolehan zakat,” tambahnya.

Pada tanggal 13 Agustus nanti, Baitul Mal Aceh bekerjasama dengan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Ar-raniry akan menggelar konferensi Internasional optimalisasi zakat sebagai pilar peradaban Islam. Kegiatan ini diharapkan mampu memecahkan berbagai persoalan terkait pengelolaan zakat yang sedang dijalankan saat ini.

Mungkin Anda Menyukai