Syahrizal Abbas: Islamisasi Pendidikan di Aceh Sangat Penting

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Syahrizal Abbas mengatakan Islamisasi pendidikan sangat penting untuk diterapkan di Aceh guna menyesuaikan dengan syariat islam yang ada di negeri serambi mekah ini.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri Konferensi Cendikiawan Muslim Internasional di Aula Pascasarjana (Universitas Islam Negeri) UIN Ar-Raniry, Rabu (20/8). Menurutnya, semua desain peta pelaksanaan syariat dari negara-negara lain akan ditampung, dan di ambil apa yang sesuai dengan kultur Aceh.

“Kita tidak bisa langsung mengimplementasikan contoh dari negara luar karena harus melihat sistem di masyarakat terlebih dahulu, setelah di analisis nanti baru ada beberapa di antaranya yang dapat diterapkan,” jelasnya.

Mewakili Gubernur Aceh Zaini Abdullah pada pembukaaIMG-20140820-03963n konferensi tersebut, Syahrizal juga menyampaikan ada empat kasus yang menjadi sorotan berkaitan dengan syariat islam di Aceh, seperti pendangkalan aqidah, penggiringan opini yang membawa syariat islam tidak sejalan dengan penegakan hak asasi manusia, serta gerakan-gerakan yang menjatuhkan islam lainnya.

Ia menambahkan, Islamisasi di berbagai lini kehidupan di Aceh akan memberikan efek yang cukup baik untuk Aceh, karena dalam konferensi tersebut berfokus pada ekonomi islam, pendidikan islam,  politik islam dan reformasi hukum islam.

“Jadi nanti akan memberikan yang baik untuk pembangunan syariat islam di Aceh khususnya dalam empat bidang tersebut,” tambahnya.

Syahrizal berharap dengan adanya desain baru tentang pelaksanaan syariat islam, akan mempermudah pemerintah untuk mengukur apa yang sudah diterapkan, melaksanakan yang belum dan lebih mengetahui tujuan akhirnya di seluruh daerah di Aceh.

Darashynny

Mungkin Anda Menyukai