Sejak 2011, Indeks Saham Syariah Tumbuh 40 Persen

Sumberpost.com – Sejak peluncuran pertama pada 2011, indeks saham syariah Indonesia sudah naik 40 persen. Sejalan dengan hal itu, pertumbuhan investor syariah juga signifikan.

perbankan-syariah (1)

“Sejak dikeluarkan tahun 2011, indeks saham syariah Indonesia sudah naik 40 persen, kemudian pertumbuhan untuk investor signifikan, hal ini didorong oleh sosialisasi investasi syariah di Indonesia,” ungkap Direktur Pengembangan BEI Friderica Widyasari Dewi saat memberikan sambutan pada halal bi halal Komunitas Keuangan Syariah, Rabu (27/8/2014).

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan pada 2011 telah keluarkan fatwa nomor 80 mengenai mekanisme perdagangan reguler yang sudah penuhi ketentuan syariah. Hal ini tentu mendorong perkembangan trading saham syariah di Indonesia.

“Lalu ada sistem online trading syariah ini pertama di dunia, sekarang ada delapan anggota bursa kita yang punya. Ada exchange kredit fund syariah juga. Kita serius kembangkan pasar syariah di Indonesia,” kata dia.

Di sisi lain dia mengatakan saat ini investor asing telah membukukan net buy terbesar lebih dari 56 triliun.

“Kita ajak masyarakat Indonesia yakin dengan investasi kita. Sudah ada 307 saham syariah masuk, di 2007 hanya 127 saham. Kapitalisasi pasar sudah 60 persen dari kapitalisasi yang ada, volume juga 60 persen,” tukas dia.

sumber: okezone.com

Mungkin Anda Menyukai