880 Mahasiswa Baru Masuk Ma`had Jamiah Gelombang Pertama

Sumberpost.com | BANDA ACEH – Sebanyak 880 mahasiswa baru UIN Ar-Raniry menempati Ma`had Jamiah (asrama) yang disediakan oleh pihak kampus. Kegiatan ini merupakan salah satu program kampus UIN kepada Maba untuk mendalami tata bahasa Arab dan Inggris serta ilmu agama.

Kepala Ma`had Jamiah, Nurchalis Sofyan kepada sumberpost.com beberapa waktu lalu mengatakan, Maba diwajibkan masuk asrama selama satu semester untuk setiap gelombang. Rencananya kata dia, tahun ini 5200 mahasiswa akan diberi pendalaman ilmu di Ma`had dalam dua gelombang.

“Mereka (Maba) untuk sementara ini akan menempati empat buah asrama. Rusunawa, SCTV, Arun, dan juga asrama IDB 1. Untuk gelombang pertama rencananya Ma’had Jami’ah akan menampung sebanyak 880 Mahasiswa, 380 orang diantaranya adalah mahasiswa putra.

Selain itu, pihak biro juga menjanjikan pada 30 September mendatang, akan diadakan penambahan dua asrama lagi, asrama IDB 2 dan Kompas. Untuk IDB 2 lanjutnya akan ditempati 170 mahasiswa, sedangkan asrama Kompas 200 orang.

“Jadi total mahasiswa baru yang masuk gelombang pertama sebanyak 1250 orang,” ujarnya.

Dengan hanya dua gelombang dan batasan Maba yang ditampung, Nurchalis meminta pihak rektorat untuk segera menyewa dua tambahan gedung, sehingga total 5200 mahasiswa yang diasramakan dalam dua gelombang akan tercukupi.

Dalam pembelajaran nanti di Ma`had jamiah, Maba akan diajarkan tata bahasa baik Arab maupun Inggris, sehingga diasrama nanti mahasiswa bisa mengaplikasikan dalam bentuk pecakapan sesama.[]

Aprizal Rachmat