Mahasiswa UIN Minta Wali Nanggroe Jadi Imam Masjid Raya

Sumberpost.com | Banda Aceh – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Suara Independent Mahasiswa (SIMA) UIN Ar-Raniry, menggelar aksi di bundaran Simpang Lima Banda Aceh Senin (1/9). Aksi yang berlangsung dari pukul 9.30 WIB ini, meminta wali nanggore Malilk Mahmud agar menjadi Imam shalat jumat di Masjid Raya Baiturrahman.

IMG_1742

Khairul Munadi, Koordinator lapangan aksi kepada sumberpost.com mengatakan “Kami dari teman-teman mahasiswa UIN Ar-Raniry, menginginkan agar sosok seorang Wali itu bisa menjadi Imam di Masjid. Biar masyarakat bisa dekat dan merasakan sosok seorang Wali dengan cara mengisi mimbar-mimbar dakwah,” Ujarnya.

“Kalau bisa ia harus mengatur jadwal tersendiri untuk mengisi imam di setiap Masjid dari 23 Kabupaten Kota yang ada di Aceh. Karena wali nanggore itu bukan milik sekelompok orang tapi milik Rakyat.”

Khairul juga menambahkan, “Merunjuk kepada sendi-sendi Wali Nanggoroe apa saja yang harus dilakukan, itu memang belum menyentuh sedikitpun. Kita bisa melihat ia hanyalah milik sekelompok orang, bukan milik masyarakat, dan juga ia seolah-olah menghindar dari masyarakat.”

“Masyarakat sering menyebut bahwa wali nanggroe itu tidak pas bacaan nya, oleh karena itu kami menginginkan agar ia bisa menjadi imam nanti, dan masyarakat bisa melihat sendiri bahwa wali nanggroe itu tidak seperti yang mereka katakan.”

“Hari ini kami tidak bermaksud untuk menurunkan nya. Tapi kami hanya ingin ia bisa menjadi imam untuk kita. Karena tidak mungkin seorang wali tidak bisa menjadi imam, Makanya kami mengadakan aksi ini supaya Jumat nanti (5/9), beliau bisa mengisi dakwah di Mesjid Raya Baiturrahman,” tutupnya.

Aksi ini berlangsung sekitar 30 menit dan dikawal oleh belasan aparat keamanan hingga mahasiswa membubarkan diri.

Zuhri noviandi, Wardatul Jannah | Foto: Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai