Mahasiswa SKI Fakultas Adab Pamer Hasil Arkeologi Sejarah Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN AR-Raniry, ikut serta dalam Festival Seni dan Budaya Islami 2014 yang berlangsung pada 31 Oktober hingga 1 November 2014, di Taman Sari, Banda Aceh.stan hmj ski

 “Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam harus ikut dalam festival ini, karena satu-satunya akademik yang di undang,” Ujar Marduati, Ketua Jurusan SKI.

“Sudah selayaknya Jurusan SKI mempersiapkan yang terbaik untuk kegiatan ini karena ini pertama sekali ikut pameran yang undangan oleh wali kota Banda Aceh. Pameran ini berguna untuk mempromosikan budaya dan sejarah Aceh yang masih tersisa,” kata Muntasir, Ketua Hmj SKI.

Stan satu-satunya dari mahasiswa ini menampilkan foto-foto kegiatan Mahasiswa dalam upaya pelestarian dan penelitian terhadap sejarah Aceh di dalamnya. Selain itu, foto-foto penelitian terbaru di Lamreh serta video-video tentang ekskavasi arkeologi yang pernah di ikuti oleh mahasiswa SKI. Tak hanya itu, bagian dalam stan menampilkan informasi tentang Aceh melalui barner yang terletak di sana.

Dalam Kegiatan ini menampilkan berbagai kebudayaan dan kesenian masyarakat yang dipadukan dengan kesenian Islam modern. Festival itu bertujuan membangun ikatan persaudaraan dan syiar Islam, untuk mempromosikan tradisi seni budaya yang telah diwariskan oleh leluhur yang bernafaskan Islam. Selain itu juga untuk memperkenalkan seni budaya Islam modern sebagai upaya inovasi untuk menyebarkan dakwah Islam.

Nita Juniarti

Mungkin Anda Menyukai