The Jakarta Post Latih Mahasiswa FDK

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh bekerja sama dengan The Jakarta Post untuk melatih mahasiswa dalam  penulisan jurnalistik di fakultas tersebut.

Dekan FDK UIN Ar-Raniry Dr. Abdul Rani Usman, M.Si disela-sela pelatihan, Selasa (4/11) mengatakan, training ini dilaksanakan untuk memperdalam keterampilan dalam menulis jurnalistik, mereka dilatih untuk dipersiapkan sebagai tanaga pengajar jurnalistik di kelas internasional di kampus itu.

“Kelas Internasional yang diterapkan di FDK UIN Ar-Raniry merupakan kelas yang proses belajar mengajarnya menggunakan bahasa arab dan inggris, kelas ini telah ada sejak tahun 2012, semakin hari terus meningkat, tahun pertama ada 16 orang, tahun 2013 mereka yang mendaftar untu kelas internasional ini 20 orang dan pada 2014 meningkat mencapai 39 orang mahasiswa,” kata Rani.

Menurutnya, kelas internasional ini mahasiswanya terus bertahan dan dosen juga optimis, maka dilakukanlah pelatihan jurnalistik dalam bahasa inggris, tahun ini kerjasama dengan the Jakarta post, agar mereka pahan jurnalistik dan menulis dalam bahasa ingris, selanjutnya mereka akan dipersiapkan untuk mengajar di kelas internasional nantinya.

A Rani menambahkan, selanjutnya mereka juga akan dipersiapkan untuk kuliah ke luar negeri, peserta berjumlah 9 orang, selama pelatihan mereka dibekali ilmu jurnalistik, dan mereka juga diberi kesempatan untuk magang di the Jakarta post apa bila punya kemampuan.

“Selama training berlangsung, pihak the Jakarta post akan mengevaluasi sejauh mana kemampuan mereka dalam bidang jurnalistik dan kemampuan menulis serta kesiapan mereka, dalam evaluasi ini dapat dilanjutkan dan ada harapan dapat dikembangkan lagi,” ujar Dekan yang akrab disapa Rani Cina.

Disebutkan, dalam pelatihan ini, hadir pemateri dari the jakarta post, Novan Iman Santosa editor online the Jakarta post dan Ridwan Ilhamsyah circulation manager, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, materi yang disampaikan antara lain, jurnalistik, penulisan karya ilmiah, fokusnya pada menulis berita.

Wakil rektor  II Drs. H. Luthfi Aunie, MA dalam sambutannya pada pembukaan memberikan apresiasi atas terlaksanakan kegiatan ini, selain itu juga hadir wakil rektor III Dr. H. Muhibbuthabry serta sejumlah pimpinan dilingkungan fakultas dakwah dan komunikasi.

Sementara Circulation Manager The Jakarta Post Ridhwan Ilhamsyah mengatakan, dengan training yang cukup singkat ini diupayakan semua materi yang kami bawakan itu dapat disampaikan di pelatihan ini, baik dari segi materinya, priktiknya dan beberapa hal dasar agar mereka dapat menulis dengan baik termasuk kode etik.

“Program pelatihan seperti ini, di the Jakarta post juga telah ada training center dimana mereka yang dilatih untuk memiliki kemampuan yang baik, selama ini banyak alumni yang berhasil dan telah bekerja di media-media luar negeri, diantaranya di media AFP, Ruters, dan beberapa media asing serta ada juga dari perusahaan asing yang memakai tenaga dari didikan di the Jakarta post,” kata Dia.

Ridhwan menambahkan, Dalam jangka pendek diharapkan peserta tahu dan memahami dasar-dasar menulis jurnalistik, agar ada wawasan yang terbuka khususnya bidang penulisan jurnalistik, dan jangka menengahnya diharapkan muncul diantara mereka ini yang berminat untuk menulis, dan mereka mulai mocoba untuk menulis, dan mereka publis untuk dibaca orang banyak, cara macam-macam, diantaranya mereka dengan cara membuat blog sendiri atau dapat juga mencoba di media lokal, dan boleh juga ke the Jakarta post jika mereka mampu menulis dalam bahasa inggris.

Selanjutnya untuk jangka panjangnya diharapkan nantinya muncul penulis-penulis, baik di kampus ini yang dikenal oleh orang, sangat susah saat ini untuk mencari penulis dari kampus terutama dari penulis akademik, selama ini cara penyampaiannya terbatas, penyajiannya masih susah dimengerti oleh masyakat umum.

“Bagi peserta bagi yang mampu nantinya akan diberi kesempatan magang di the Jakarta post, namun akan diseuaikan kembali dengan waktu yang tepat antara kampus dengan the Jakarta post, artinya disaat mereka magang nantinya ada tutor yang akan mendampingi mereka,” kata Ridhwan Ilhamsyah.

The Jakarta Post akan member kesempatan untuk dapat menulis baik di Koran harian, online, tabloid maupun di majalahnya, namun menurut Ridhwan setiap media ini punya standar tersendiri dalam penulisannya yang harus dipenuhi. [Nat]

Mungkin Anda Menyukai