Teaterikal Wanita Hijab

Sumberpost.com |Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry yang bekerja sama dengan kedutaan besar Amerika Serikat, menggerlar  aksi penampilan teaterikal  yang menceritakan tentang pengalaman nyata wanita-wanita mulsim yang mengenakan hijab. Kamis pagi (06/11), di gedung Pascasarjana kampus setempat.

Kegiatan tersebut merupakan sebuah lisensi dari Hijabi Monologues Amerika Serikat, yang disutradarai oleh Bambang Prihadi  dalam naskah Sahar Ulla dan Laila Achmad. Ini  merupakan agenda roadshow  dari Hijabi monolog Indonesia  dalam rangka menghubungkan budaya Indonesia dengan Amerikat Serikat. Dan ini roadshow perdana yang digelar di Aceh.

Ade Irma, ketua panitia  dalam sambutannya mengatakan, bahwa acara ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada dosen dan mahasiswa  “Tentang wanita-wanita yang tetap berhijab di Amerika Serikat walaupun mayoritas wanita di sana tidak berhijab.”

Wakil kedutaan besar  Amerika Serikat untuk Indonesia  Kristen F. Bauer, dalam sambutannya ia juga mengatakan, di AS ada banyak muslimah yang mengenakan hijab dan juga tidak, aksi teaterikal ini bertujuan agar muslimah yang berhijab bisa berbaur dengaan warga  Amerika Serikat.

Hijabi merupakan bahasa Arab klasik yang menjadi terkenal di Indonesia sebagai wanita yang memakai penutup kepala. Acara ini juga memberikan opini-opini wanita tentang kehijabannya secara utuh. Pada kegiatan tersebut juga ikut dimeriahkan dengan penampilan Hikayat monolog tentang rakyat Aceh dari Mahasiswa UIN Ar-Raniry, dan tata cara pemakaian hijab oleh Mulya Bijeh Mata.

Nenden Dwita Sari