ICAIOS V Bentuk Perhatian Dunia untuk Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – International Conference on Aceh and Indian Ocean Studies (ICAIOS) ke 5 merupakan bentuk perhatian masyarakat internasional untuk membangun Aceh pasca konflik dan tsunami yang melanda Aceh 2004 silam.

Hal itu disampaikan Ketua Pembina ICAIOS, Anthony Reid disela-sela pelaksaan konferensi internasional yang dilaskanakan di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Minggu (16/11).

“Masyarakat internasional hingga saat ini masih memberikan perhatian untuk Aceh, salah satunya melalui konferensi internasional seperti yang sedang dilaksanakan ini, kegiatan ini hadir para peneliti dari 17 negara yang akan menyampaiakan makalahnya di kampus UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

Ditambahkan, hal yang menjadi fokus dalam makalah yang diseminarkan antra lain berkaitan dengan pendidikan, mitigasi bencana dan hal lain yang dianggap penting dalam membangun Aceh di masa mendatang.

“Aceh merupakan tempat yang paling bersejarah di dunia ini, oleh karena itu kami akan terus memberikan perhatian untuk Aceh, banyak hal penting harus digali dan diteiti oleh pakar, baik terkait denga konflik, musibah tsunami dan juga sejarah masa kerajaan yang dikenal sangat baik,” kata Anthony.

Sementara Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi mengatakan, masyarakat Aceh sepatutnya terus berterima kasih kepada masyarakat internasional, yang selama ini terus membantu Aceh untuk bangkit dan berkembang pasca musibah yang terjadi di Aceh.

“Kami juga berterima kasih kepada ICAIOS yang telah memberikan kepercayaan kepada UIN Ar-Raniry yang kedua kalinya menjadi tuan rumah untuk menggelar konferensi internasional ini, dengan adanya kegiatan seperti ini Insyaallah UIN Ar-Raniry akan cepat berkembang,” tambah Farid.

Nazarullah

Mungkin Anda Menyukai