Pelayanan Publik di Kampus Harus Standar

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry A. Rani Usman mengatakan, saat ini pelayanan kampus terhadap publik belum begitu memuaskan, “Memberikan pelayanan kepada publik harus memiliki standar sesuai dengan perubahan status kampus yang telah menjadi universitas,” ungkapnya usai membuka Pelatihan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kamis (20/11) di Aula Kampus setempat.

IMG_4426

“Perlu adanya latihan agar ke depan akan lebih baik, maka tahun ke tiga kepemimpinan kita membuat pelatihan bagaimana karyawan, dosen dan pimpinan untuk meningkatkan pelayanan kepada kepada publik agar mendapat pelayanan yang standar.”

A. Rani menambahkan, hasil evaluasi pimpinan di FDK saat ini hubungan dengan pers sudah bagus, namun hubungan pelayanan dengan mahasiswa, alumni, dosen dan mitra kerja fakultas masih butuh peningkatan dan harus ada perhatian khusus, minimal dapat memberi motivasi kepada dosen dan karyawan dalam hal melayani.

“Ke depan persaingan antar kampus sangat ketat sekali, maka mulai saat ini harus diterapkan kepada karyawan dan dosen untuk memberikan pelayanan yang baik kepada semua yang membutuhkan sesuai dengan tugas dan pokok kerja masing-masing,” ujar Rani.

Disebutkan, suatu pelayanan yang dapat menyenangkan bagi orang lain akan dapat memberi citra positif, hal ini sangat penting untuk perkembangan kampus yang telah maju dan berkembang seperti sekarang, dengan pelayanan yang baik kepada semua orang akan berpengaruh terhadap citra kampus sendiri dan akan ada banyak manfaatnya ke depan.

Sementara Ketua Panitia, Mira Fauziah mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi wawasan kepada peserta bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa, dosen dan masyarakat. Ia mengharapkan dengan pelatihan ini ke depan akan lebih baik.

“Dengan pelatihan ini, diharapkan akan ada upaya membentuk pribadi yang dapat memberikan pelayanan prima bagi yang membutuhkan, terutama kepada mahasiswa yang setiap hari berinteraksi dengan dosen dan karyawan,” ujarnya.

Mira menambahkan, peserta pelatihan ini sebanyak 33 orang, terdiri dari pimpinan, karyawan, ketua, sekretaris jurusan dan ketua laboratorium di lingkungan FDK UIN Ar-Raniry, karena orang-orang ini lah yang selalu berintaraksi dengan mahasiswa dan masyarakat selama di kampus.

Di tambahkan, selama pelatihan peserta dibekali materi dengan narasumber yang sangat memahami dibidangnya, diantaranya A. Rani Usman, Indra Adriana, Amal Hasan, dan Luthfi Aunie.

 

Nazarullah

Mungkin Anda Menyukai