Setelah Vakum Tiga Tahun, DEMA UIN Ar-Raniry Akhirnya di Lantik

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry  Farid Wajdi Ibrahim, melantik 165 pengurus Dewan Mahasiswa (DEMA) kampus tersebut  di halaman Biro Rektorat, Jumat (13/2/2015). Pelantikan DEMA tingkat universitas ini merupakan yang pertama sejak vakum pada 2012 lalu.

Ketua Umum  DEMA (biasa di sebut presiden) UIN Ar-Raniry Sayed Fuadi Fajar Ramadhan, terpilih pada 2014 lalu melalui musyawarah besar.

Farid mengingatkan kepada mahasiswa agar tidak menjadikan organisasi sebagai ajang mencari musuh dan konflik, meskipun menurut Farid saat ini tren konfik ada di mana-mana, baik di tingkat nasional maupun local.

Namun sebaliknya, lanjut rektor, organisasi merupakan tempat bagi orang yang punya wawasan seluar cakrawala. Organisasi bukanlah tujuan, tapi hanya sebagai alat dan batu lompatan untuk mencapai tempat yang lebih kokoh lagi.

“Di sini mereka (mahasiswa) mendidik kemampuan mereka. Organisasi mahasiswa ini sebagai media melatih diri. Bukan untuk mencari konflik, kalaupun terjadi konflik harus segera di selesaikan,” kata Farid.

Selama ini, pihak kampus merasa rugi karena “kekosongan” di bangku presiden mahasiswa. Setelah tiga tahun dari 2012, tidak ada presiden mahasiswa. Menurut Farid sudah banyak kader yang terus lahir dari rahim UIN Ar-Raniry pada masa tiga tahun itu.

“Bukan bangga kami. Inilah kesempatan kita. Semoga mahasiswa ini bisa mengemban amanah yang di berikan kepada mereka,” tuturnya.

 Abdul Hadi Firsawan