Alumni PPAN Berbagi Pengalaman Dengan Mahasiswa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Beberapa alumni Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), berbagi pengalamannya setelah mengikuti berbagai program Pertukaran Pemuda Antar Negara saat berbicara dalam workshop di gedung Flamboyan AAC Dayan Dawood, Sabtu (14/3/2015).

Workshop yang di selenggarakan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Aceh dan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini mengangkat tema Sosialisasi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2015.

Alumni program Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP), Prilla Aprina mengatakan tujuan dari program tersebut ialah Mutual Understanding. Maksudnya untuk mempelajari budaya, toleransi, saling memahami dan menghargai perbedaan  di berbagai negara.

“Kita belajar memahami supaya tidak terjadi hal yang bersifat kontra dan untuk menampik isu-isu negatif antar negara,” kata Prilla di hadapan ratusan peserta workshop.

Setelah mengikuti program IKYEP, Prilla mengaku mendapat banyak pelajaran dan pengalaman berharga, salah satunya timbul rasa kekeluargaan yang berat antar peserta dari setiap daerah maupun negara.

Sementara itu, alumni program Indonesia Canada Youth Exchange Program (ICYEP), Mutia Elviani mengaku banyak mendapat pengalaman baru selama mengikuti prrogram tersebut. Di Kanada, kata Mutia, guru sangat memperhatikan keadaan psikologi muridnya. Dan masyarakatnya juga sangat menghargai orang lain.

“Sekolah di Kanada ada dapur umumnya. Kalau ada murid yang terlihat kasak kusuk, itu langsung di ajak jalan-jalan dulu supaya bisa segar lagi. Di sana guru juga sangat mengapresiasi kreasi murid,” terangnya. Selama di Kanada, Ia dan peserta dari Kanada tinggal bersama orang tua angkat.

Program ICYEP biasanya berlangsung selama enam hingga tujuh bulan, dan terbagi dalam dua fase, yaitu fase Kanada dan fase Indonesia.

PPAN sendiri mempunyai enam program yaitu, Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP), Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP),  Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP), Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP), Ship for South East Asian Youth Program (SSEAYP), dan Indonesia-China Youth Exchange Program (IChYET). []

Abdul hadi firsawan

Mungkin Anda Menyukai