KSR PMI UIN Ar-Raniry Kumpulkan 49 Kantong Darah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) UIN Ar-Raniry kembali menggelar donor darah rutin pada Selasa (17/3/2015) di samping Bank Aceh, kampus setempat.

Donor darah yang di mulai pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB tersebut, berhasil mengumpulkan 49 kantong darah. KSR PMI UIN Ar-Raniry sendiri punya agenda donor darah rutin setiap tanggal 17 setelah melakukan MoU dengan pihak kampus dan Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh.

Ketua Divisi Donor Darah Ahmad Damanhuri mengatakan, persiapan untuk melakukan donor darah sudah matang. Namun, terdapat sedikit kendala karena tidak adanya tenda yang biasa di pinjam dari PMI Kota Banda Aceh.

Meski demikian, lanjut Daman, semangat mahasiswa untuk mendonorkan darahnya tetap tinggi. Mahasiswa rela antri untuk menyumbangkan darahnya. Donor darah rutin biasa di lakukan satu hari saja. Namun, apabila sedang banyak pendonor bisa di gelar hingga dua hari.

“Tapi usaha kami masih kurang maksimal, karena masih kurang sosialisasi. Kalau sosialisasi, panitia biasa membawa brosur ke tempat kerumunan dan mengajak mereka untuk donor darah,” tuturnya.

Sementara itu, Komandan KSR PMI UIN Ar-Raniry, Nazaruddin menjelaskan manfaat donor darah yang paling utama ialah bisa menolong sesama manusia. Selain itu, donor darah juga bisa menyehatkan badan serta bisa mengetahui apabila punya riwayat penyakit.

Dikatakan Nazar, tidak semua darah yang sudah di kumpulkan bisa di pakai. Darah yang sudah di donorkan akan di cek oleh Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh. “Kadang ada yang tidak cukup HB atau ada penyakit seperti hepatitis.” []

Abdul hadi firsawan

Mungkin Anda Menyukai